Friday, April 25, 2008

Rahasia negara



Jakarta - Seratusan tentara Israel secara tak sengaja memajang informasi sensitif di Facebook. Kesatuan mereka pun berang dan siap menjebloskan pelakunya ke penjara. Informasi apa?

Ternyata data sensitif yang dimaksud merupakan foto lokasi markas militer mereka berada. Padahal, memajang foto di internet memiliki risiko keamanan yang sangat besar bagi militer.

Belum lama ini saja seorang tentara Israel diganjar hukuman penjara selama 19 hari karena melakukan tindakan tersebut.

Pihak Angkatan Udara Israel pun telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk segera mengenyahkan foto-foto sensitif yang telah pasukannya upload di Facebook. Bahkan, Menteri Pertahanan Israel sampai melakukan penyelidikan untuk mengetahui risiko keamanan terkait bocornya foto-foto tersebut di situs jejaring sosial ini.

Kekhawatiran sang menteri sepertinya patut beralasan. Sebab, seperti dikutip detikINET dari BBC, Kamis (24/4/2008), diyakini bahwa militer Lebanon dan Palestina mengawasi forum dan situs komunitas Israel, termasuk Facebook dan Flickr sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi.

Naasnya, tentara yang meng-upload data-data sensitif ini ternyata lumayan banyak. Mereka seolah tak menyadari bahwa foto-foto yang mereka upload tersebut sama saja dengan membocorkan informasi sensitif kepada pihak musuh.

Foto-foto yang di-upload tersebut antara lain menampilkan secara jelas pangkalan udara militer, ruang operasi hingga kapal selam.

Akibatnya, sekitar 100 tentara telah didisiplinkan karena telah melanggar peraturan ini. Pelanggar berat akan dihukum penjara selama sebulan, sedangkan yang lain mendapat peringatan.
Tindakan diatas hanya dilakukan oleh beberapa prajurit Israel kelas 'bawah'.

Dan tindakan diatas tak sebanding dengan tindakan seorang pemimpin tertinggi kerajaan (negara) Israel

2Ki 20:13 Hizkia bersukacita atas kedatangan mereka, lalu diperlihatkannyalah kepada mereka segenap gedung harta bendanya, emas dan perak, rempah-rempah dan minyak yang berharga, gedung persenjataannya dan segala yang terdapat dalam perbendaharaannya. Tidak ada barang yang tidak diperlihatkan Hizkia kepada mereka di istananya dan di seluruh daerah kekuasaannya.

Raja Hizkia telah membocorkan seluruh isi rahasia negara , kerajaannya, rumah tangganya : maka akibatnya Tuhan menegur Hizkia melalui nabi Yesaya.


2Ki 20:16-18
(16) Lalu Yesaya berkata kepada Hizkia: "Dengarkanlah firman TUHAN!
(17) Sesungguhnya, suatu masa akan datang, bahwa segala yang ada dalam istanamu dan yang disimpan oleh nenek moyangmu sampai hari ini akan diangkut ke Babel. Tidak ada barang yang akan ditinggalkan, demikianlah firman TUHAN.
(18) Dan dari keturunanmu yang akan kauperoleh, akan diambil orang untuk menjadi sida-sida di istana raja Babel."

Tuhan tidak berkenan kita membuka rahasia rumah tangga kita juga kepada pihak luar : mertua, tetangga , ipar, dll

Permasalahan apapun itu, harus diselesaikan di kamar tidur :

Dimana ada keintiman,

Dimana terdapat kesatuan pikiran,

Dimana terdapat kesatuan hati

Dimana kesatuan tubuh benar-benar terjadi

Tidak ada lagi pikiran suami - pikiran istri, suara suami - suara istri, hati suami-hati istri...

Semua telah melebur menjadi satu

Apapun itu, itu adalah rahasia keluarga dan jangan bawa keluar : selesaikan itu bersama Tuhan.



Terkadang, ketika suami istri sedang menghadapi masalah, mungkin sitri akan lapor orang tuanya, tetangganya, teman arisan sekedar buat curhat.

Demikian pula dengan suami.

Tindakan tadi hanyalah merupakan sikap membocorkan rahasia rumah tangga.

Selesaikan itu bersama Tuhan dan tetap simpan di kamar tidur anda.




with warm regards

No comments: