Saturday, June 2, 2007

Sunat

Gen 17:10-13
(10) Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
(11) haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
(12) Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
(13) Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

Orang kristen saat ini mungkin ada yang disunat dan mungkin ada juga yang tidak disunat.
Yang melakukan sunat , berpegang pada salah satu ayat diatas.
Yang tidak melakukan sunat pun juga berpegang pada salah satu ayat alkitab juga.

1Co 7:19 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah.

Gal 5:6 Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.

Gal 6:15 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

Alasan lain adalah, kita tidak hidup dibawah Hukum Taurat, melainkan dibawah Hukum Kasih.

Benarkah demikian?

Satu hal benar, bahwa kita ini hidup di bawah Hukum Kasih, namun tidak benar bahwa sunat adalah bagian hukum Taurat, sebab perjanjian Sunat ini adalah perjanjian antara Allah dengan Abram (Abraham), jauh sebelum Taurat diberikan kepada Musa.

Kemudian, apakah maksud pernyataan dari Allah bahwa 'Sunat' adalah tanda perjanjian kekal antara Allah dengan Abraham dan keturunannya?

Sunat ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak lelaki saja dan berumur 8 hari. Mengapa?

Saya akan membahasnya dari segi makna 'Perjanjian Sunat' sebenarnya.

1. Sunat bagi anak-anak lelaki

Perlu dipahami,bahwa penampilan gambar-gambar dan istilah-istilah organ repsroduksi berikut hanya untuk islustrasi saja, bukan bertujuan pornografi

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot
Gambar penis sebelum dan sesudah sunat

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot
Gambar 'penis' dengan kulit kulup/penutupnya

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot
Gambar proses sunat

Pria adalah pembawa benih keturunan (sperma) yang dihasilkan oleh testis. Sedangkan penis adalah alat kopulasi nya atau alat berhubungan sex dengan lawan jenis. Penis adalah bagian organ pria yang melakukan penetrasi kedalam vagina wanita.

Penis terdiri dari : kulit kulup/katan ('foreskin') dan kepala penis ('glans'). Sunat adalah proses memotong kulit penutup ini sehingga kepala penis kelihatan 'telanjang - bersih' tanpa penutup apapun.

Kenapa harus dipotong?

Dari segi medis didapat penjelasan sebagai berikut :
Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot

Daerah rongga antara kulit katan dan penis ini memiliki potensi sangat besar untuk tempat berkumpulnya kotoran yang terdiri dari : sisa urine beserta endapannya, endapan pergantian kulit katan. Daerah yang kotor ini sangat rawan untuk ditempati oleh berbagai macam bakteri penyakit.
Hal ini sangat rawan sekali bila seorang pria yang tidak disunat melakukan hubungan sexual dengan istri pasangannya, karena kotoran-kotoran ini bisa ikut masuk 'menular' ke pasangannya. Apabila istri pasangannya hamil, maka akan berakibat kepada keturunannya.

Jadi ada 3 akibat yang bisa ditimbulkan :
1. Sumber dan sarang penyakit pada diri sendiri
2. Menular pada orang lain (istri pasangannya)
3. Mencemari kualitas keturunan nya

Kebersihan Penis yang tidak di sunat :

With the added pleasure of a foreskin comes an added chore or responsibility. Throughout life, a cheesy white material called smegma, consisting primarily of dead skin cells and secretions from the sebaceous glands, will accumulate under the foreskin.

But there’s also a drawback to being uncircumcised. Men with intact foreskins must take care to move it up and down and clean inside the covered areas. Neglecting to do so will lead to a build-up of smelly material that can cause nasty infections after lovemaking.


Sekarang perhatikan beberapa ayat berikut ini :

Deu 10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.

Lev 26:41 --Akupun bertindak melawan mereka dan membawa mereka ke negeri musuh mereka--atau bila kemudian hati mereka yang tidak bersunat itu telah tunduk dan mereka telah membayar pulih kesalahan mereka,

Rom 2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Act 7:51 Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.

Jer 4:4 Sunatlah dirimu bagi TUHAN, dan jauhkanlah kulit khatan hatimu, hai orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, supaya jangan murka-Ku mengamuk seperti api, dan menyala-nyala dengan tidak ada yang memadamkan, oleh karena perbuatan-perbuatanmu yang jahat!"

Pesan yang Tuhan mau sampaikan adalah :
1. Berilah hati mu disunat
2. ..jauhkanlah kulit khatan hatimu

Kenapa Sunat hati?

Hati layaknya penis, adalah tempat dihasilkannya 'benih'. Hati menghasilkan 'benih' iman. Iman itu tumbuh dalam hati kita (Rom 10:10)
Karena itu Tuhan meminta kita agar 'hati' kita disunat, 'kulit katan' pembungkus hati kita dibuang, agar hati kita nampak telanjang dan bersih dihadapan Tuhan.
Tidak ada satupun yang tersembunyi. Tidak ada satupun yang bisa kita sembunyikan, karena kulit katan itu sudang dibuang.
Tidak ada lagi kepahitan, kebencian, dendam, sakit hati, kekecewaan, ketamakan.
Tidak ada lagi: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. (Gal 5:19-21)

Namun yang ada adalah hati yang bersih dan tulus iklas. Allah sanggup melihat paling dalam dan tersembunyi (Jer_17:10; Rom_8:27) dan yang ada dan Allah temukan adalah : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Gal 5:22-23), bila kita bersunat hati.

2. Umur 8 hari

Bila dilihat dari waktu penciptaan alam semesta, hari ke-8 adalah hari baru atau hari pertama pada minggu itu, itulah hari baru buat manusia ciptaan baru, manusia yang telah bersunat hati.

Gal 6:15 ....tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

2Co 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Shalom

Shabbat, 16th Sivan, 5767

_______________________________________________________________________________

Senin, 21 Desember 2009

Catatan tambahan :

Tulisan diatas saya buat untuk menyingkap makna rohani dari sunat jasmani, jadi saya meninjaunya dari dua sudut pandang tersebut. Karena saya percaya ada makna rohani dibalik suatu pengajaran didalam alam jasmani.

Untuk berbicara dengan kanak-kanak, kita memerlukan bahasa kanak-kanak, namun ketika beranjak dewasa, kita meninggalkan bahasa kanak-kanak tadi dan berbicara secara dewasa [penyingkapan, terus-terang]


Saya pribadi sendiri melakukan sunat jasmani, namun bukan alasan keselamatan tetapi sbg alasan kesehatan, karena keselamatan adalah iman dan benih iman itu tumbuh dalam hati. Benih adalah sperma, maka benih ini harus tumbuh dalam lingkungan yang sehat.

Sperma jasmani memerlukan lingkungan penis yang sehat, tidak ada kotoran yang menyelimutinya.

Demikian pula, sperma rohani memerlukan lingkungan hati yang sehat.

Sunat hati, digambarkan atau diajarkan melalui sunat jasmani.


Adalah salah , bila mengejar keselamatan dg melakukan sunat jasmani, inilah pokok yang ditegaskan oleh Paulus.



12 comments:

Rizky c0oL's bLog said...

Ayat yg menyuruh laki2 u/ d sunat penisnya adalah benar adanya. Memang itu yg diminta Allah. Sesungguhnya Allah menyuruh kita u/ hidup bersih, bersih lahir dan bathin. Bukan hanya hati.

Jika menurut anda penis tidak perlu disunat adalah salah besar. anda melupakan ayat yg benar2 turun dr Allah. Dan ayat yg mengatakan tidak perlu sunat penis adalah salah besar. Itu bukan ayat dari Allah, melainkan karangan manusia.

Coba anda renungi baik2, ada perjanjian lama dan perjanjian baru. Perjanjian lama asli dari Isa Almasih. itupun kalau anda benar2 percaya dengan Isa Almasih. Anda percaya dgn agama anda. berarti anda harus konsisten hanya percaya pada Isa Almasih yang menerima wahyu dari Allah. Tidak ada lagi yg lain. Nah, pertanyaan saya siapa yg membuat perjanjian baru?? dengan siapa dia membuat perjanjian baru. Ingatkah anda bahwa Isa Almasih menolong umatnya?? mengapa anda mengkhianati pertolongannya? mengapa umatnya malah membuat perjanjian baru. Tahukan anda siapa yg membuat perjanjian baru?? Org2 seteleh diangkatnya Isa Almasih ke langit. Atas izin siapa mereka membuat itu?? mari sama2 kita renungkan dangan hati dan fikiran.

Pernahkan anda melihat pendeta atau ahli kitab lainnya hafal semua ayat2 dalam kitab suci anda? setiap khutbah tanpa membawa alkitab? mengapa??
sewaktu ia masih kecil isi dari alkitab anda berisi sekian ayat, namun setelah ia dewasa isi dari alkitab tsb ada yg berubah. setiap pergantian Paus, pasti ada yg berubah. sehingga anda dan teman2 tidak tahu mana yang asli dari Allah dan mana yg buata manusia.

Ayat2 yg anda paparkan antara 1 dgn yg lain ada yg bertentangan. pertama Allah menyuruh sunat membersihkan kulit khatan di penis. ayat lainnya mengatakan tidak penting. Jika ada sebuah buku petunjuk masak meminta anda menambahi bumbu supaya lebih terasa. dan kemudian buku itu mengatakan tidak perlu?? Tentu anda bertanya koq begini ini buku? siapa yg buat?

Nah, apakah anda tidak bertanya pula dgn kitab yg anda yakini selama ini?? saya tahu bukan masalah sinat aja yg keliru spt ini. tp jg ayat2 lainnya.

Manusia yg membuat/merubah ketentuan Allah tsb adalah org yg takut/malas melakukan perintah Allah tsb. shg ia merubah secara diam2. mengapa bisa?? ketahuilah, kitab injil yang benar2 asli tlah habis terbakar. Bukan salah siapa2, melainkan rencana/cara Allah u/ menggantikan kitab tsb dgn yg lebih benar2 lengkap u/ seluruh umat di Dunia. bukan hanya u/ 1 kaum.

Apa kitabnya dan kepada siapa diturunkan?? Anda pasti belum membaca semua isi kitab anda. Dalam kitab anda ada ayat yg berisi ttg informasi s'orang anak manusia yg akan d turunkan wahyu kepadanya dan menjadi pemimpin seliruh kau di dunia. Siapa dia anda cari sendiri di kitab anda. bukan saya tdk mau lgsg menjawab, tapi saya ingin membuktikan kebenarannya langsung kepada anda dengan mata kepala anda sendiri. jika tidak anda coba cari kitab anda tapi yg sudah berusia puluhan/ratusan tahun. Saya yakin dgn sangat pasti banyak perubahan.

Silahkan mencari Agama yg benar2 datangnya dari Allah... jika anda bertuhankan kpd Allah. Dan coba pelajari agama tsb ttg pembahasan ini dan yg menyangkut agama2 Allah sebelum2nya sebelum anda memutuskan sesuatu atau mengatakan sesuatu.

ikan said...

sdr rizky c0ol, apabila mungkin, bolehkah saya memberi penilaian cara orang tua Anda mendidik dan membesarkan Anda? Cara mereka menginternalisasi nilai dalam hidup Anda? Atau cara orang tua Anda mengelola keuangan dan mengatur rumah tangga? Tentu saja boleh, namun penilaian saya dapat dipastikan akan bersifat subyektif,tidak fair dan mungkin tidak sedikitpun menyentuh kebenaran tentang keluarga Anda. Kenapa? Karena saya orang luar yang hanya melihat dari luar dan dari kaca mata saya saja yang pasti saya anggap paling benar. Saya pasti akan menilai semua tindakan orang tua Anda dengan ukuran-ukuran saya,yang saya yakini sebagai ukuran yang ideal.
Dapat dipastikan penilaian saya akan bias, tidak obyektif dan tidak mencerminkan hal yang sebenarnya, karena memang saya hanya melihat dari luar yang memang tidak menjadi bagian dalam keluarga Anda.

Di sisi yang lain saya yakin orang tua Anda memberikan semua yang terbaik untuk Anda. Pendidikan yang terbaik yang bisa mereka berikan, nilai-nilai luhur yang dapat mereka tanamkan, mengatur keuangan dan mengelola rumah tangga yang baik menurut mereka. Semua tindakan mereka itu pasti mereka ambil dengan mempertimbangkan banyak hal dan untuk urusan keuangan pastilah akan berdasarkan pada alasan-alasan yang rasional pada kemampuan keuangan keluarga Anda. Keputusan-keputusan yang diambil orang tua Anda pastilah keputusan yang tepat dan terbaik bagi keluarga Anda.

Namun, saya sebagai orang luar apakah mau dan mampu melihat dasar dan alasan kenapa keluarga Anda mengambil tindakan-tindakan tersebut? Pasti tidak!
Saya sebagai orang luar akan melihat dengan kacamata saya dan menilai dengan ukuran-ukuran saya dan bila tidak sama pasti akan menjustifikasi tindakan keluarga Anda sebagai tindakan yang salah.

Salahkah penilaian saya? Jelas sekali salah karena saya sebenarnya tidak tahu dasar pertimbangan dan alasan kenapa keluarga Anda mengambil tindakan itu. Sekali lagi saya hanya melihat dari luarnya saja tanpa mengetahui apa sebenarnya yang terjadi.

Ilustrasi ini saya coba sampaikan sebagai gambaran bahwa kita tidak bisa menilai segala sesuatu hanya dengan menggunakan sudut pandang kita.Kita akan terjebak dalam distorsi bila tidak berhati-hati.

Menurut hemat saya Anda terlalu berani dalam mengambil tesis tentang kekristenan dengan pemahaman yang (maaf) dangkal tentang kekristenan.

Anda bisa saja berteriak-teriak menilai tentang kekristenan namun harus disadari bahwa Anda adalah 'orang luar' yang melihat dan menilai kekristenan hanya dengan kacamata dan ukuran-ukuran Anda tanpa mengetahui tentang kekristenan yang sebenarnya.

Anda adalah sebagai 'saya' yang hanya bisa melihat dan menilai keluarga Anda dari luar -yang pasti tidak benar-, yang tidak mengetahui apa dan bagaimana keluarga Anda sebenarnya dikelola.

Agama ada bukan untuk dibanding-bandingkan tapi dipakai sebagai sarana untuk kemuiaan-Nya.

Seorang yang mengamini suatu agama dan mengimaninya dengan mendalam (tidak hanya beribadat serta memenuhi ritual-ritualnya dan mengaku sudah beragama) niscaya akan lebih arifdan bijak serta tidak akan terjebak dalam pertengkaran yang bodoh.

Saudaraku, pelajarilah agamamu dengan lebih mendalam dan jangan sepotong-sepotong. Imanilah dengan sepenuhnya dan jangan terbelenggu hanya dalam pemenuhan ritual-ritual belaka.

Jika Anda masih mempertanyakan tentang kekristenan, ketuklah 'pintu kekristenan', pelajari dan tanyakanlah sepuas Anda dari 'keluarganya' langsung. Janganlah hanya melihat dan menilai dari luar saja.

Marilah kita muliakan nama-Nya dengan cara dan keyakinan kita masing-masing, mari kita bergandeng tangan, masih banyak yang bisa kita buat bersama bagi kemuliaan-Nya.

Rizky c0oL's bLog said...

saya menilai dari ayat2 yg tertera di atas. coba anda ilhami baik2.

Ibnu Jamal said...

maaf ya kalau mengganggu...tapi aku cuma mau berkongsi pendapat...
apa yang kamu berdua katakan...ada kebenarannya...aku tidak menyebelahi sesiapa...tapi bagi aku sendiri, ada lebih baiknya kita anuti agama kita masing2...jangan lah memperkatakan hal2 yang bersangkutan dengan agama lain kerna yang pasti tiada satu umat pun dari semua agama yang memahami agama lain dengan telus tanpa satu pun yang kurang...tiada semua itu...bagiku, keamanan itu lebih penting..jika kita sering bangkitkan isu2 yang sensatif...alamatnya, dunia ini akan hancur berantakan...perang sana sini...pembunuhan berleluasa seperti membunuh hewan...dunia dipenuhi bau bangkai manusia...kerana satu agama tidak akan menyerah kalah dengan satu agama lain...yang menjadi puncanya adalah kerana mahu menunjukkan agama siapa yang benar dan agama siapa yang salah...sampai bila??? persoalan ini tidak bisa diselesaikan oleh manusia secara mutlak...jika bisa, ya mungkin untuk satu generasi yg saat itu tapi generasi yang akan datang gimana??? sudah pasti perang lagi kan??? sampai bila semua ini mau berakhir??? kita punya akal fikiran...itu yang membezakan kita dengan hewan...fikirlah, tiada agama yg kita tidak kenal dizaman ini..samada Islam, Kriten, yahudi, Hindu, Buddha dsb...jadi mengapa harus tercetus perang kerana ingin menunjukkan agama siapa yg benar??? kita punya akal...kita bisa fikirkan sendiri kerna kita menyedari hakikatnya dunia ini dipenuhi kaum yang berbilang agamanya yang berlainan antara satu sama lain...jika agama yg kita anuti itu benar...tunjukkan lah dengan akhlakmu yang terpuji...akhlak kita itu adalah contoh yang tepat untuk menggambarkan betapa mulianya agama yg kita anuti...yg jelas persoalan yg memfokus kepada kebenaran sesuatu agama itu hanya dapat dijelaskan oleh Tuhan Yang Maha Esa...kerna manusia tidak punya ilmu yang sehebat Tuhan Yg Esa...so, hiduplah dengan aman dan harmoni...aku yakin, kita akan selesa untuk menjalankan ritual2 bagi agama kita masing2...fikirkanlah yg dasarnya kita semua dari keturunan yang sama iaitu Nabi Adam a.s...anggaplah yg sama agama dengan mu itu saudara kandungmu dan yg berlainan agama itu sahabat yg paling rapat denganmu..

Ibnu Jamal said...

maaf ya kalau mengganggu...tapi aku cuma mau berkongsi pendapat...
apa yang kamu berdua katakan...ada kebenarannya...aku tidak menyebelahi sesiapa...tapi bagi aku sendiri, ada lebih baiknya kita anuti agama kita masing2...jangan lah memperkatakan hal2 yang bersangkutan dengan agama lain kerna yang pasti tiada satu umat pun dari semua agama yang memahami agama lain dengan telus tanpa satu pun yang kurang...tiada semua itu...bagiku, keamanan itu lebih penting..jika kita sering bangkitkan isu2 yang sensatif...alamatnya, dunia ini akan hancur berantakan...perang sana sini...pembunuhan berleluasa seperti membunuh hewan...dunia dipenuhi bau bangkai manusia...kerana satu agama tidak akan menyerah kalah dengan satu agama lain...yang menjadi puncanya adalah kerana mahu menunjukkan agama siapa yang benar dan agama siapa yang salah...sampai bila??? persoalan ini tidak bisa diselesaikan oleh manusia secara mutlak...jika bisa, ya mungkin untuk satu generasi yg saat itu tapi generasi yang akan datang gimana??? sudah pasti perang lagi kan??? sampai bila semua ini mau berakhir??? kita punya akal fikiran...itu yang membezakan kita dengan hewan...fikirlah, tiada agama yg kita tidak kenal dizaman ini..samada Islam, Kriten, yahudi, Hindu, Buddha dsb...jadi mengapa harus tercetus perang kerana ingin menunjukkan agama siapa yg benar??? kita punya akal...kita bisa fikirkan sendiri kerna kita menyedari hakikatnya dunia ini dipenuhi kaum yang berbilang agamanya yang berlainan antara satu sama lain...jika agama yg kita anuti itu benar...tunjukkan lah dengan akhlakmu yang terpuji...akhlak kita itu adalah contoh yang tepat untuk menggambarkan betapa mulianya agama yg kita anuti...yg jelas persoalan yg memfokus kepada kebenaran sesuatu agama itu hanya dapat dijelaskan oleh Tuhan Yang Maha Esa...kerna manusia tidak punya ilmu yang sehebat Tuhan Yg Esa...so, hiduplah dengan aman dan harmoni...aku yakin, kita akan selesa untuk menjalankan ritual2 bagi agama kita masing2...fikirkanlah yg dasarnya kita semua dari keturunan yang sama iaitu Nabi Adam a.s...anggaplah yg sama agama dengan mu itu saudara kandungmu dan yg berlainan agama itu sahabat yg paling rapat denganmu..

aDvanced Zeal Technology said...

Masa iya sih motor baru Shogun RR bisa dihematkan 47,5% hanya dengan oxyhydrogen?
Produk kami telah dimuat di tabloid otomotif dan majalah motor, berikut beritanya, tks.
Rekan, dengan semakin lama mendalami pembuatan hidrogen boster untuk irit bbm (bahan bakar minyak), efisien (penghemat energi), alat ini berupa Hidrogen HHO fuel saver hydrogen energy generator cell kit accelerator sistem plate buatan Indonesia bisa digunakan di mesin bensin & diesel.

Info Produk hydrogen booster/ boster hidrogen/ hho generator aDHydro di majalah MOTOR Hydrogen Booster terbukti meningkatkan performa mesin, dengan cara menambah pasokan zat hydrogen ke dalam ruang bakar. Maka salah satu diantaranya yang diklaim berhasil adalah produk lansiran ADHYDRO ini. Ini adalah produk kedua yang telah mengalami penyempurnaan dan mengusung kelebihan non boiling point, dan mampu menghasilkan lebih banyak hidrogen buat mesin.Alat ini hanya menggunakan media air murni (air "AQUA"), yang dimasukkan ke dalam tabung yang tersedia. Lalu air tersebut akan mengalami pengaliran aliran listrik pada elemen yang tersedia di dalamnya, yang otomatis akan menghasilkan gas hidrogen. Pemasangannya pun cukup mudah, karena seudah berbentuk paket. Hanya tinggal sambungkan ke intake manifold.Oh ya, selain keuntungan peningkatan performa yang signifikan, ternyata pemakaian hidrogen booster ADHYDRO ini, diklaim mampu mengefisienkan pemakaian bahan bakar yang berimbas pada lungsuran gas buang yang lebih bersahabat. Bahkan asap knalpot pun tercium seperti uap rebusan air. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kontak penjualnya!
http://pengiritbbm.blogspot.com/2008/12/adhydro-static-mobil-di-majalah-motor.html
http://pengiritbbm.blogspot.com/2008/12/adhydro-hho-variable-motor-di-tabloid.html
www.pengiritbbm.blogspot.com

Kid said...

Kpd Rizky yg terhormat:
Saya mengerti bahwa Anda memiliki agama yang berbeda dengan Kristen,tp sebaiknya Anda tidak usah ikut campur mengenai ajaran Kristen karena untuk dapat mengerti suatu ajaran agama secara mendalam,haruslah dengan segenap hati percaya & mengimani agama tersebut.Seharusnya Anda menghormati agama kami sebagai salah satu agama yang benar seperti para ulama yang lain menghormati agama Kristen.

Janganlah memandanga ajaran suatu agama lain menurut sudut pandang Anda menurut agama Anda,karena bagaimanapun juga wajarlah jika seorang pemeluk agama menganggap bahwa agamanya yang paling benar.
Jujur saja,saya pun orang Kristen & saya tidak mempercayai ajaran agama Islam Anda (saya menganggap Anda adalah umat Islam,jadi mohon maaf jika salah) seperti Anda tidak mempercayai ajaran kami.
Namun,saya menghormati ajaran agama Anda sebagai suatu agama yang diakui kebenarannya.

Saya pun bisa bersikap seperti Anda di sini & pastilah Anda merasa tersinggung jika saya bersikap seperti Anda sama seperti sikap Anda yang bisa membuat orang Kristen lainnya tersinggung.
Jika Anda mengatakan bahwa ajaran penis yang tidak perlu disunat adalah karangan manusia,maka saya dapat mengatakan pula bahwa Alquran tidak menuliskan pula mengenai kewajiban sunat penis,kewajiban sunat penis hanya terdapat dalam Hadis saja sehingga saya dapat mengatakan bahwa itu juga karangan manusia.
Jangan kira saya tidak tahu mengenai hal itu.
Anda tidak tahu tentang ajaran Kristen yang sebenarnya & mendalam karena Anda tidak percaya & mengimani ajaran Kristen.Dan juga para pembaca tidak dapat menentukan ukuran iman Sdr.Roti Hidup karena besarnya iman seseorang hanyalah Tuhan yang tahu.
Jadi,marilah kita saling menghormati ajaran agama masing2 sama seperti di lingkungan tempat tinggal saya yang umat Kristen & Islamnya hidup secara rukun.
Jujur saja,jika ada orang Islam dari lingkungan saya yang membaca tulisan Anda yang mencampuri ajaran kami,dia pun pasti akan sangat malu kepada umat Kristen di sini karena Anda.Saudara2 (saya menyebut orang lain sebagai saudara) Muslim di lingkungan saya menghormati ajaran Kristen saya & kondisi saya sebagai orang tak bersunat,seluruh laki2 dalam keluarga saya tidak disunat.Cukup sekian tanggapan saya untuk Anda,Sdr.Rizky.Jika Anda merasa sunat itu baik bagi Anda,saya menghormati pemikiran Anda tersebut untuk menyunatkan umat Islam demi kebaikan yang Anda pikirkan tersebut.

Kid said...

Kepada Roti Hidup:
Perjanjian sunat yang dilakukan Allah hanya berlaku untuk umat Yahudi saja baik secara keturunan langsung Abraham maupun pemeluk baru Yahudi di luar keturunan Abraham (Kejadian 17:10,13 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.) sehingga umat Kristen,Islam,Hindu,Buddha,dsb tidaklah termasuk dalam Perjanjian sunat Allah.
Sebenarnya,Kitab Suci Kristiani (Alkitab) yang berisi sabda Allah ini telah melarang praktik sunat (1 Korintus 7:18 Kalau seorang dipanggil dalam keadaan bersunat, janganlah ia berusaha meniadakan tanda-tanda sunat itu. Dan kalau seorang dipanggil dalam keadaan tidak bersunat, janganlah ia mau bersunat; Galatia
5:2 Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu.) sehingga umat Kristen dianggap berdosa oleh Alkitab jika melakukan sunat ini.Tetapi,terdapat pula perbedaan pendapat di kalangan Kristiani yang menganggap sunat tidak dilarang,tapi tidak diwajibkan pula (1 Korintus 7:19 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah.
).
Secara kesehatan,sebenarnya sunat tidak mendatangkan keuntungan apa pun dalam segi apa pun pula termasuk kesehatan & kebersihan (kecuali bagi agama yang mewajibkan sunat).Semua penelitian mengenai keuntungan sunat (seperti menurunkan resiko HIV,kanker penis,serviks,STD,dsb) sudah saya pelajari semua & saya pun mendapatkan banyak kecacatan dalam penelitian itu yang disembunyikan,saya dapat menjelaskan satu per satu secara rinci & masuk akal jika saya mau.Saya tidak mudah dibohongi oleh hasil2 yang berasal dari penelitian yang cacat meskipun WHO (World Health Organization) menganggap sunat adalah hal yang baik.

Saya mohon maaf jika terdapat tulisan yang kurang berkenan bagi pembaca.
Terima kasih,salam damai.

Kid said...
This comment has been removed by the author.
Kid said...

Jadi,bagi para pembaca yang beragama lain,hendaknya jangan mengartikan ajaran Kristen menurut pemikiran Anda sendiri sebab Anda tidaklah beriman,percaya,& mendalami ajaran Kristen sehingga akan terjadi salah arti dalam pemikiran Anda mengenai ajaran Kristen ini khususnya mengenai sunat dalam blog ini.
Kami sebagai umat Kristen menghormati ajaran agama Anda,jadi hendaknya Anda menghormati ajaran agama Kristen pula serta tidak mengartikannya secara sembarangan & seenaknya sesuai jalan pikiran Anda yang tak mengerti secara mendalam mengenai ajaran Kristen.

Mengenai Paus,pemilihan Paus tidaklah dilakukan secara sembarangan,tapi secara hati2 & sesuai dengan kriteria serta Tuhan sendiri lah yang memilih Paus tersebut.
Tuhan Yesus Kristus (saya tidak mengenal Isa Almasih,karena Isa Almasih adalah nama nabi yang diberikan umat non-Kristen pada Yesus,yang saya kenal adalah Tuhan Yesus Kristus Putra Allah yang Hidup) telah memberikan kunci kerajaan Allah secara langsung kepada Petrus selaku rasul Tuhan Yesus & Paus pertama (Matius 16:18-19 Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.").Petrus pun memberikan kuasa Paus kepada para penggantinya yang tidak sembarangan sehingga Sabda Allah pun pasti dapat terdengar oleh sang Paus.
Dalam agama Katolik,isi Alkitab tidaklah berubah,aturan2 tambahan yang sesuai dengan isi Alkitab serta memberikan kebaikan pada manusia tertuang dalam Magisterium Gereja Katolik.
Sabagai ralat,saya adalah umat Kristen Katolik atau biasa disebut Katolik Vatikan.

Salam damai.

Roti Hidup (roti.hidup-at-gmail.com) said...

Dear All

Terimakasih atas kunjungan dan komentar rekan2 semua.

Saya telah berikan catatan tambahan sebagai tanggapan beberapa komentar yang ada

Salam

Puteri Faralya ! said...

Rizky :: Saya juga beragama SAMA dengan kamu . Saya sangat sayang dengan agama kita .. kalau boleh saya juga hendak semuanya yang sangat jahil di dlam dunia ini memeluk agama kita . Tapi, apakan daya mereka telah terjerumus dengan datuk moyang mereka yang menganut agama mereka.

Sedangkan mereka tidak pernah terfikir , Allah pernah menurunkan bala kepada umat kristian yang pernah mmbuat pesta di tepi pntai. Allah pernah memberi TSUNAMI yang amat dsyat kpda mereka . Ttpi , mereka tdak sedar.

Mereka tidak tahu mndalam sebenarnya tntg apa itu agama mereka . mereka boleh mngata kita telah tipu . agama kita teruk , tidak bebas . diharuskan mmakai tudung , mnutup aurat. itulah yng sharusnya kerana ia boleh mmbangkit nafsu syahwat org lelaki sebenarnya & seterusnya boleh mndatgkan bhagia .

nagara India dulu , perempuan dibuat hamba , dijadikan pelacur . jika datang haid , dihalau ke tempat lain . Ttpi apabila agama Islam diturunkan di situ . negara itu mnjadi negara yg aman . perempuan tidak dibuat hmba & placur lagi kerana sucinya ajaran agama Islam di sana .

saya sgt setuju dgn ayat Rizky ini :

" Ayat2 yg anda paparkan antara 1 dgn yg lain ada yg bertentangan. pertama Allah menyuruh sunat membersihkan kulit khatan di penis. ayat lainnya mengatakan tidak penting. Jika ada sebuah buku petunjuk masak meminta anda menambahi bumbu supaya lebih terasa. dan kemudian buku itu mengatakan tidak perlu?? Tentu anda bertanya koq begini ini buku? siapa yg buat?

Nah, apakah anda tidak bertanya pula dgn kitab yg anda yakini selama ini?? saya tahu bukan masalah sinat aja yg keliru spt ini. tp jg ayat2 lainnya.

Manusia yg membuat/merubah ketentuan Allah tsb adalah org yg takut/malas melakukan perintah Allah tsb. shg ia merubah secara diam2. mengapa bisa?? ketahuilah, kitab injil yang benar2 asli tlah habis terbakar. Bukan salah siapa2, melainkan rencana/cara Allah u/ menggantikan kitab tsb dgn yg lebih benar2 lengkap u/ seluruh umat di Dunia. bukan hanya u/ 1 kaum. "

Ssungguhnya Isi Al Quran tidak pernah diubah-ubah . Dan tidak ditandingi oleh ayat apa sekalipun . Saya tahu rata2 video mngatakan ajaran Nbi Muhammad tidak betul . Kahwin banyak ! Ssungguhnya ANDA tidak tahu apa sebabnya krana anda tidak pernah mndalami al quran .

Org jahil selalu brfikiran negatif dah sering menuduh tanpa usul periksa !!

Tetapi saya tidak memaksa kalian untuk beragama Islam . Tapi, saya mohon tolong cuba mmbaca al quran kerana anda akan sedar segala-galanya. saya harap kalian baca ini juga ::

http://www.carigold.com/portal/forums/archive/index.php?t-32663.html