Thursday, May 24, 2007

Seorang PuteraTelah Diberikan

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (Yesaya 9:6 {9-5})

Ayat ini adalah nubuatan yang disampaikan oleh nabi Yesaya mengenai akan datangnya Allah Putera - yaitu Tuhan Yesus ke dalam dunia.
Apabila dieksplorasi ayat ini akan banyak memberikan hikmat - dari Tuhan sendiri tentunya.

Tetapi saya akan sampaikan dua hal penting yaitu mengenai penyataan :
1 . Seorang Putera telah diberikan
2. Seorang Anak telah lahir

Seorang Putera telah diberikan

Pertanyaan yang mungkin timbul dalam benak kita adalah : bagaimana hal itu terjadi?

Lukas dalam kitab Injil yang ditulisnya meriwayatkan peristiwa lawatan malaikat Gabriel {Ga'briel. (man of God). An angel sent by God to announce to Zacharias, the birth of John the Baptist, and to Mary, the birth of Christ. He was also sent to Daniel to explain his visions. Dan_8:16; Dan_9:21 } kepada perawan Maria

Luk 1:31 Sesungguhnya engkau [Maria] akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Luk 1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?"
Luk 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Pertanyaan yang mungkin muncul adalah : - tentang 'bagaimana' nya Maria tadi?

Pertanyaan Maria adalah manusiawi, sebab secara biologis , agar bisa terjadi kehamilan maka harus ada sperma yang membuahi sel telur. Untuk hal itu lah Maria bertanya, karena dia belum bersuami. Dan dia belum pernah berhubungan sex dengan siapapun tak terkecuali Yusuf yang adalah tunangannya.

Pertanyaan berikutnya adalah - ini sangat penting untuk dipahami :

Apakah proses kehamilan Maria itu melibatkan sel telur Maria dan sperma (?), ataukah sel telur Maria dan kuasa Roh Kudus yang menaungi nya?

Proses kehamilan Maria sama sekali tidak melibatkan sel telur Maria. Semua proses adalah murni karya Roh Kudus, karya Allah.
Disinilah nubuatan nabi Yesaya digenapi - seorang Putera telah diberikan.
Diberikan kepada siapa?
  • Kepada kita umat manusia
  • Kepada Maria - untuk dikandung dan dilahirkan
'Putera' tadi - Yesus, adalah Allah Putera yang menjelma jadi manusia, menjadi daging (incarnate). Firman yang telah menjadi daging. Firman tadi ditaruh dalam rahim Maria yang adalah surrogate mother bagi bayi Yesus.

Jadi, apakah sewaktu kuasa Roh Kudus menaungi Maria, kedalam rahim Maria, Roh Kudus telah menaruh 'bayi/janin' kedagingan tubuh Yesus? Ya!

Why?

Sebab tujuan Yesus datang kedunia adalah untuk menumpahkan darahNya yang kudus sebagai korban pendamaian yang kudus, layak dan berkenan. Yesus adalah Anak Domba Paskah (Yoh 1:36, 1 Kor 5:7).

Mat 3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.
cf: Mat_3:17; Mat_12:18; Mat_17:5; Mat_27:43; Mar_1:11; Luk_3:22

Maka darahNya tidak boleh terncampur dengan darah manusia yang sudah berdosa. Lewat darah lah dosa dan kutuk itu diturunkan kepada generasi-generasi berikutnya. Kekudusan darah Anak Domba Paskah harus senantiasa terjaga.

Apakah darah Yesus tidak tercampur dengan darah Maria saat dalam kandungan? Atau bukankah sistem peredaran darah antara seorang ibu dengan sistem peredaran darah sang bayi dalam kandungan adalah jadi satu?

Tidak.
Sistem peredaran darah antara ibu dan bayi berbeda dan terpisah. Keduanya (ibu dan bayi) dihubungkan oleh placenta sebagai perantara pengirimaan/pertukaran oksigen dan makanan serta zat buangan. Apabila kedua sistem ini campur, maka akan fatal dan menyebabkan kematian.

quote:
''Your blood and your baby's blood do not mix. They flow side by side, but separated by a thin membrane. Since the blood doesn't mix, no antibodies are manufactured by your body''.

quote:
''The placenta is part of the communication between the fetus and the expectant mother. Most people tend to think of this communication as the route of exchange where the mother's blood and the fetus's blood mix and exchange, but the fetal blood and maternal blood do not mix. In fact, if this were to be the case, there would be such immunological protest from the mother that she would soon make antibodies to the baby's blood enough to destroy the pregnancy.''

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot

Mekanisme/sirkulasi yang terjadi pada placenta

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot

quote:
''The fetal and maternal blood currents traverse the placenta, the former passing through the bloodvessels of the placental villi and the latter through the intervillous space (Fig. 39). The two currents do not intermingle, being separated from each other by the delicate walls of the villi. Nevertheless, the fetal blood is able to absorb, through the walls of the villi, oxygen and nutritive materials from the maternal blood, and give up to the latter its waste products. The blood, so purified, is carried back to the fetus by the umbilical vein. It will thus be seen that the placenta not only establishes a mechanical connection between the mother and the fetus, but subserves for the latter the purposes of nutrition, respiration, and excretion. In favor of the view that the placenta possesses certain selective powers may be mentioned the fact that glucose is more plentiful in the maternal than in the fetal blood. It is interesting to note also that the proportion of iron, and of lime and potash, in the fetus is increased during the last months of pregnancy.''


Sistem peredaran darah fetus atau bayi:

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot

Sistem peredaran darah manusia pada umumnya :

Uploaded with Avramovic Web Solutions ImageShack Hotspot

Bukankah Yesus itu Kudus, maka perlu tempat (rahim seorang wanita yang Kudus - tanpa noda/dosa) juga ?

Benar, Yesus itu Kudus. Bahkan Maha Kudus.
Namun demikian bukan berarti untuk menyambut kedatanganNya perlu disiapkan sebuah rahim dari seorang perawan yang kudus tanpa noda dan dosa.
Bila Dia rela tinggal diantara para pencuri, pendusta, pemungut cukai, penderita kusta, pelacur dan orang-orang berdosa lainnya, maka Dia pun rela untuk dikandung oleh seorang perawan yang berdosa.
Sebab dimanapun Yesus tinggal (hidup), - makan, minum, tidur, menjamah, bermain, mengajar entah diantara pendosa atau tinggal dalam rahim seorang perawan yang berdosa, hal itu tidak mengubah eksistensi ke-Maha Kudus-an Nya.

Ketika Allah menciptakan manusia dengan tanah, apakah Allah tidak turun tangan? Apakah hal itu membuat Dia 'kotor'?
Ketika Yesus minum satu cawan dengan Yudas Iskariot membuat Dia berdosa?
Ketika Dia dijamah oleh wanita yang mengalami pendarahan selama 12 tahun membuat Dia jadi tidak Kudus?
Apakah ketika Maria mengurapi Yesus dengan minyak narwastu membuat Yesus najis?
Apakah ketika bayi Yesus ada didalam kandungan perawan Maria yang berdosa itu membuat Sang bayi menjadi tidak kudus lagi?

Karena untuk itulah dikatakan :

[Yesus Krists] yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. (Php 2:6-8)

Ya, Dia rela meninggalkan semuanya untuk kita.

Dia rela unuk menjadi miskin agar kita menjadi kaya

Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya. (2Co 8:9 )


Kenapa yang diberikan oleh Bapa berupa Anak? Apakah memang Sang Anak sudah ada sejak mulanya?

Ya

Bapa memberikan AnakNya itu

Joh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Dimana Sang Anak itu telah ada sejak mulanya

1. Yesus adalah sang Firman

Joh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Joh 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

2. Bapa berFirman

Lihat Kejadian pasal satu

BerFirmanlah Allah....

3. I AM

Joh 8:58 Jesus said unto them, Verily, verily, I say unto you, Before Abraham was, I am.
cf:
Exo 3:14 And God said unto Moses, I AM THAT I AM: and he said, Thus shalt thou say unto the children of Israel, I AM hath sent me unto you.

4. Ada sebelum dunia ada

Joh 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

Joh 17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.


Seorang Anak telah lahir

Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:14)

Luk 1:31 Sesungguhnya engkau [Maria] akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Ya...Maria adalah ter-charito'o - karito'o ' thou that art highly favoured' , 'who are highly favored', 'yang diberkati Tuhan secara istimewa'

Luk 1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.

Benar, Maria adalah wanita pilihan, namuan dia adalah salah satu manusia yang memerlukan penebusan dosa juga.

Luk 1:46 Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan,
Luk 1:47 dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku

Rom 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah


Ya...Putera itu telah diberikan kepada kita yang berdosa, Dia telah memikil semua dosa, kutuk, penderitaan dan sakit penyakit kita (Yes 53:4-5), Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib (Gal 3:13 )

Shalom

Yom Hey - 7th Sivan - 5767 - Shavuot Day

No comments: