Monday, May 9, 2011

Eden yang terhilang

Quote
The planting of the garden of Eden, and its situation
8 Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. 9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. 10 Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang. 11 Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada. 12 Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras. 13 Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush. 14 Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.




Dari dalam taman Eden ada sumber mata air utama dan dari sana bercabang menjadi 4 sungai besar :

1. Pison

2. Gihon

3. Eufrat

4. Tigris

dari keempat nama sungai ini, tinggal 2 nama yang ada secara fisik yaitu Eufrat dan Tigris.

Dimakakah Pison dan Gihon?

Pison ----- mengelilingi tanah Hawila

Dimana Hawila itu?

Quote
Gen 25:18 Mereka itu mendiami daerah dari Hawila sampai Syur, yang letaknya di sebelah timur Mesir ke arah Asyur. Mereka menetap berhadapan dengan semua saudara mereka.


Yaitu daerah sepanjang sebelah timur Mesir sampai daerah Syur (arah Asyur) di timur

Gihon -- mengelilingi tanah Kush

Dimana Kush itu?



Dari link ini http://www.isaiah18.com/Cush.html -- spt map diatas, kira2 ada disebelah bawah/selatan Mesir.

Dari gambar diatas jelas sekali letak hulu Eufrat dan Tigris yang terpisah jauh, namun hilir nya menyatu di Teluk Persia

Quote
Euphrates (yfrā`tēz), Turkish Frat, Arabic Al Furat, river of SW Asia, c.1,700 mi (2,740 km) long, formed by the confluence of the Kara and the Murad rivers, E central Turkey, and flowing generally S through Turkey into Syria, then SE through Iraq, joining with the Tigris River in SE Iraq to form the Shatt al Arab; the united river flows into the Persian Gulf.

http://encyclopedia2.thefreedictionary.com/Eufrat

Bagaimankah keempat titik sungai ini bisa bersatu di Taman Eden --- Dimanakah kira2 letak Taman Eden ?

Quote
Gen 10:25 Bagi Eber lahir dua anak laki-laki; nama yang seorang ialah Peleg, sebab dalam zamannya bumi terbagi, dan nama adiknya ialah Yoktan.


Dari kejadian 10:25, rupanya dulu bumi (benua) yang ada masih menyatu



Dari informasi peta PANGAEA (Peta pergeseran benua) -- dari gambar peta pertama (sekitar 225 juta tahun lalu), maka kemungkinan besar keempat suangai tadi berada di seputar HURUF G (PanGaea).

Bila dipetakan kedalam peta modern saat ini, maka Letak G tadi ada diseputar tanah Kanaan alias diseputar tanah perjanjian.

Adakah rencana Tuhan memanggil Abraham dan menjanjikan tanah Kanaan kpd keturunan Abraham sbg lambang mengembalikan manusia kedalam Taman Eden?


Just thinking

1 comment:

Ickhel si Koin berputar said...

yang saya tau eden diangkat ke surga setelah manusia berdosa..hehehe