Saturday, November 10, 2007

Makanan ular

Penasaran akan hal : apa sih makanan ular itu?

Sebelum kejatuhan manusia dalam dosa, Tuhan Allah menegaskan hal ini pada :

Gen 1:30 Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya." Dan jadilah demikian.

Semua binatang,makanannya adalah tumbuh-tumbuhan hijau.

Semua binatang adalah herbivora


Lain hal nya dengan manusia, ia diberi makanan yang lebih istimewa :

Manusia adalah herbivora juga Wink

Gen 1:29 Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

Berikut ini efek kejatuhan manusia dalam dosa :

Bagi manusia :

Gen 3:17-19
(17) Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
(18 ) semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
(19) dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."


Bagi ular :

Gen 3:14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.

Ular berubah menjadi [b]Carnivora[b]

All snakes are carnivorous, eating small animals including lizards, other snakes, rodents and other small mammals, birds, eggs or insects


Namun, rasananya daftar menu makanan ular perlu ditambah : manusia !

Saya tidak akan menampilkan secara langsung - tapi kalau anda punya keberanian, silakan lihat
ini, ini dan ini.

Apa ada yang salah dengan gambar diatas?

Saya percaya tidak ...

Perhatikan kembali pada ayat ini :

Gen 3:14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "...dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.

Dan ini

Gen 3:19 [Tuhan] sampai engkau [manusia] kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.

Secara makna literal, ular bisa makan manusia - seperti pada kejadian yang direkam dalam gambar diatas.

Namun apa yang akan saya sampaikan disini adalah makna rohani dari kedua ayat diatas (14 dan 19).

Ular adalah lambang iblis dan debu tanah adalah lambang manusia (Adam = tanah merah, Adam's name is a reference to red earth or red clay).

Sejak saat pertama si ular berhasil membujuk manusia, sejak saat itulah ular berhasil 'memakan' manusia (adam, debu tanah), sejak saat itulah manusia menjadi target mangsa si ular (iblis ) ini.

Rev 12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Ia berjalan keliling mencari mangsa yang lengah untuk diterkam

1Pe 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Beware!

Salam

No comments: