Saturday, November 10, 2007

Yesus mengutuk pohon ara

Mar 11:13 Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara.


Mar 11:13 kai idon sukon apo makrothen exousan fulla elthen ei ara ti euresei en auto, kai elthon ep' auton ouden euren ei me fulla: ho gar kairos ouk en sukon.


G4810
σῦκον
sukon
soo'-kon
Apparently a primary word; a fig: - fig.

Fig

Ficus carica L.
Moraceae
Common Names: Fig (English), Higo (Spanish), Figue (French), Feige (German), Fico (Italian).

Related Species: Cluster fig (Ficus racemosa), Sycomore Fig (Ficus sycomorus).

Distant Affinity: Mulberry (Morus spp.); Breadfruit (Artocarpus altilis Fosb.); Jakfruit (Artocarpus heterophyllus Lam.); Che; Chinese Mulberry (Cudrania tricuspidata).

Origin: The fig is believed to be indigenous to western Asia and to have been distributed by man throughout the Mediterranean area. Remnants of figs have been found in excavations of sites traced to at least 5,000 B.C.





Apa yang disebut sebagai 'buah ara' ini sebenarnya adalah 'buah palsu', ia sebenarnya adalah bunga dan biji yan bertumbuh bersama sehingga membentuk massa yang besar.

The fig is commonly thought of as fruit, but it is properly the flower of the fig tree. It is in fact a false fruit or multiple fruit, in which the flowers and seeds grow together to form a single mass.

Dari penggalan narasi oleh Markus diatas :

Bagian pertama :

1. Yesus melihat pohon ara dari jauh yang sudah nampak berdaun.
2. Yesus berharap menemukan buah ara disana

Bagian kedua :

1. Yesus tidak menemukan buah ara sama sekali
2. Bukan musim buah ara

Narasi diatas terjadi saat Yesus dan 12 murid-muridNya sedang dalam perjalan menuju Yerusalem dari Bethany (kurang lebih 3 km disebelah timur Yerusalem) yang berada disisi selatan lereng bukit Zaitun (Mount Olive).



Kisah ini selalu menjadi bahan olok-olokan dari 'seberang' yang mengatakan :

Tuhan nya yang lapar kog pohon ara nya yang dikutuk , kasihan deh. dll

Apa yang sebenarnya terjadi saat itu?

Wilayah geografis Israel terletak pada : 31 30 N, 34 45 E , di sebelah utara garis katulistiwa (equator)



Dan akibatnya memiliki 4 (empat) musim dengan siklus sebagai berikut :



Pada bagian pertama penggalan narasi diatas, kita , mendapatkan info bahwa pohon ara tersebut mulai [sudah] berdaun, hal ini merujuk bahwa wilayah Israel saat itu baru saja melewati masa musim dingin dan mulai memasuki masa musim semi [Spring]

Sedang pada bagian kedua dari penggalan narasi diatas, Markus sang Narator memberikan informasi bahwa saat itu memang sedang bukan musim buah ara.

Musim buah ara yang seperti apakah yang dimaksud oleh Markus?

Sebenarnya, sepanjang tahun pohon ara menghasilkan buah ara sebanyak 2 kali.

Panen pertama yang disebut sebagai 'breba crop' yang dimulai saat akhir musim sebelumnya [musim dingin - Winter] dan bertumbuh pada musim semi [Spring]. Kualitas buah pada panen ini memang kurang dan lebih terasa masam bila dibanding pada kualitas panen utama.



Fruits: The common fig bears a first crop, called the breba crop, in the spring on last season's growth. The second crop is borne in the fall on the new growth and is known as the main crop. In cold climates the breba crop is often destroyed by spring frosts. The matured "fruit" has a tough peel (pure green, green suffused with brown, brown or purple), often cracking upon ripeness, and exposing the pulp beneath. The interior is a white inner rind containing a seed mass bound with jelly-like flesh. The edible seeds are numerous and generally hollow, unless pollinated. Pollinated seeds provide the characteristic nutty taste of dried figs.

Dari kejauhan Yesus telah melihat hijaunya daun pohon ara tersebut, yang artinya saat itu sedang berlangsung musim semi [Spring].
Bila ditinjau dari definisi 'breba crop' diatas, maka seharusnya buah ara tadi sudah mulai muncul saat berakhirnya musin dingin [Winter] sesaat sebelum memasuki musim semi [Spring].

Artinya, buah ara akan muncul terlebih dahulu sebelum munculnya tunas-tunas daun hijau yang baru

Pada kenyataannya, sesaat ketika Yesus mendekat, ternyata Dia tidak menemukan satu buah ara pun disana.

Sebuah penyimpangan dari sifat naturalnya.


The leaves on the fig tree would signify figs. Figs often form before the leaves appear. Jesus noticed the leaves and wanted the figs that were associated with it. Jesus did not curse the tree because it had leaves out of season, according to his reactions He intended on eating the figs even though it was out of season. He cursed the fig tree because it was out of season and did not produce any figs. A bad fig tree will produce bad figs:

Jenis pohon ara yang memiliki sifat seperti ini, dimana dia tidak memiliki 'breba crop' atau menghasilkan panen buah pertama, maka sepanjang tahun itu, ia tidak akan pernah menghasilkan buah lagi termasuk pada 'main crop'



Panen kedua disebut sebagai 'main crop' yang dimulai pada musim gugur [Fall/Autumn]

Luk 13:6-8
(6) Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya.
(7) Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!
(8 ) Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya

Luk 3:9 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api."


Ya
Setiap pohon yang tidak menghasilkan buah, akan ditebang dan dibuang kedalam api

Meskipun pohon itu telah dicangkokkan kepada Pokok Yang Benar, namu sia-sia saja kalo ia tidak mau berbuah juga.

Joh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Namun setiap pohon yang menghasilkan buah, ia akan dipangkas [diproses] agar buahnya semakin lebat

Joh 15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Salam

No comments: