Kapankah Natal itu?
Artikel ini cukup panjang dan njelimet, jadi harap bersabar dalam membacanya.
Artikel ini adalah artikel yang membutuhkan waktu paling lama diantara artikel-artikel lain yang pernah saya tulis
Luk 2:9-11
(9) Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.
(10) Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untukseluruh bangsa:
(11) Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.
Dari gambar siklus musim diatas dan penelasan keadaan musim di Israel disini, maka kemungkinan besar kisah narasi gembala-gembala diatas terjadi antara bulan April – Oktober.
Kesimpulan pertama (prematur)
Jadi dari narasi diatas kemungkinan besar Yesus lahir antara bulan April – Oktober
Sekarang mari kita lihat narasi berikutnya
Informasi pertama :
Malaikat Gabriel mendatangi Maria pada saat usia kehamilan Elisabeth memasuki bulan ke enam (6)
Luk 1:26 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,
Luk 1:27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.
Luk 1:36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.
Informasi kedua :
Malaikat Gabriel memberi kabar bahwa Maria akan mengandung saat itu juga
Luk 1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
Luk 1:38-43
(38 ) Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
(39) Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda.
(40) Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet.
(41) Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus,
(42) lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
(43) Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?
Ketika Maria berjumpa dengan Elisabeth, Maria telah mengandung bayi Yesus.
Dalam bahasa asli Yunani nya, kata yang dipakai adalah Kurios yang berarti “tuanku” – Tuan – Lord, dan bukan Theos yang berarti “Tuhanku – Allah - God”
Informasi ke tiga :
Bayi Yesus sudah ada dalam kandungan Maria kurang lebih tiga bulan ketika Yohanes dilahirkan. Ini berarti masih memerlukan waktu sekitar enam (6) bulan lagi saat Yesus dilahirkan.
Luk 1:56 Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya.
Luk 1:57 Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan iapun melahirkan seorang anak laki-laki.
Informasi ke empat :
Kapankah Yohanes dikandung dan dilahirkan?
Luk 1:5 Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet.
Luk 1:8 Pada suatu kali, waktu tiba giliran rombongannya, Zakharia melakukan tugas keimaman di hadapan Tuhan.
Luk 1:23 Ketika selesai jangka waktu tugas jabatannya, ia pulang ke rumah.
Luk 1:24 Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, mengandung dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri
Dari narasi diatas diperoeh informasi sebagai berikut :
1. Zacharia, ayah Yohanes adalah imam dari golongan Abia
2. Setelah seslesai menjalankan tugasnya dirumah Tuhan, Elisabeth ketahuan hamil.
Dari kitab 1 Tawarikh 24 :7-18 (1 Chro 24:7-18 ), didapat bahwa golongan imam Abia mendapatkan giliran bertugas pada giliran ke – 8. Para imam ini dibagi kedalam 24 golongan imam, masing-masing bertugas melayani rumah Tuhan dalam masa satu minggu satu kali, dan bila giliran rombongan ke-24 habis, maka perhitungan giliran rombongan dimlai dari awal lagi. Jadi, dalam satu tahun, masing-masing golongan mendapat giliran sebanyak dua kali. Namun dalam perayaan-perayaan utama, semua rombongan imam bertugas bersama dan bukan berdasar gilirannya. Lihat gambar berikut :
Dilihat dari sisi kalender akan nampak seperti berikut :
Berdasarkan jadual tugas imam Zakaria dari golongan Abia diatas, dalam satu tahun, dia bertugas sebanyak dua kali yaitu pada minggu ke-10 dan minggu ke-35.
Berangkat dari sini muncul dua teori masa awal Konsepsi Yohanes Pembaptis.
Theori (Course) Pertama
Paling awal dia sampai dirumah adalah hari pertama minggu ke-11 . Dari narasi Lukas 1:39, diketahui bahwa keluarga imam Zakaria tinggal di sebuah kota di pegunungan Yehuda.
Jos 21:9-16
(9) Dari suku bani Yehuda dan dari suku bani Simeon diberikan mereka kota-kota yang berikut, yang disebutkan namanya di sini:
(10) kepada anak-anak Harun yang dari kaum-kaum orang Kehat yang termasuk bani Lewi, karena bagi merekalah undian yang pertama,
(11) kepada mereka diberikan Kiryat-Arba, itulah Hebron--Arba inilah bapa suku Enak--di pegunungan Yehuda, dan tanah-tanah penggembalaan di sekelilingnya;
(12) tetapi tanah ladang kota tadi dengan desa-desanya telah diberikan mereka kepada Kaleb bin Yefune menjadi miliknya.
(13) Kepada anak-anak imam Harun, diberikan mereka Hebron, kota perlindungan untuk pembunuh, dan tanah-tanah penggembalaan kota itu, Libna dengan tanah-tanah penggembalaannya,
(14) Yatir dengan tanah-tanah penggembalaannya, Estemoa dengan tanah-tanah penggembalaannya,
(15) Holon dengan tanah-tanah penggembalaannya, Debir dengan tanah-tanah penggembalaannya,
(16) Ain dengan tanah-tanah penggembalaannya, Yuta dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Bet-Semes dengan tanah-tanah penggembalaannya: sembilan kota dari kedua suku itu.
Berapakah jarak tempuh dari Yerusalem ke rumah imam Zakaria ?
Ada sembilan kota di Yehuda yang diberikan bagi keturunan Lewi (Imam Harun)
1.Kiryat-Arba(Hebron)
2.Libna
Kota ini –Libna- telah hancur dan tidak diketahui lagi lokasi nya
In the reign of Joram, Libnah joined the Edomites in a revolt against the king of Judah (2 Kings 8:22; 2 Chronicles 21:10). In the reign of Hezekiah, Libnah was besieged by Sennacherib (2 Kings 19:8; Isaiah 37:8 ). The wife of King Josiah was "Hamutal the daughter of Jeremiah of Libnah," she was the mother of Jehoahaz and Zedekiah (2 Kings 23:31; 24:18; Jeremiah 52:1).
The site of this important stronghold remains unknown. In the Eusebius, Onomasticon it is described, under the name Lobana or Lobna, as near Eleutheropolis (Beit Jebrin). All the indications point to a site in the Southwest of the Shephelah, not very far from Lachish. The Palestine Exploration Fund surveyors suggested (PEF, III, 259) the commanding site `Arak el Menshiyeh, or rather the white chalky mound 250 ft. high to the North of this village, and Stanley proposed Tell es Cafi. (Both these identifications are due to the interpretation of Libnah as meaning "whiteness.") In the PEFS (1897, Sh XX) Conder suggests a ruin called el Benawy, 10 miles Southeast of Lachish.
3.Yatir - Khirbet Attir (Horvat Yattir)
Saat ini... Jattir is identified with Khirbet Attir (Horvat Yattir) southwest of Hebron.
4.Estemoa
Lokasi : 9 mile sebelah selatan Hebron
... there are ancient remains of the ruined city
... It is now es-Semu`a, a considerable village of evident antiquity some 8 miles South of Hebron.
5.Holon
Holon modern berada di dataran rendah dekat laut Mediterania
Holon kuno ... The site may be the important ruins of Beit`Alam
6.Debir
Keberadaan lokasi modern diperkirakan ... Its location is unclear, but today it is commonly identified with Khirbet Rabud southwest of Hebron.
Lokasi yang pasti keberadaannya masih diragukan
7.Ain
Perkiraan lokasi ini adalah in the Negeb or southern part of Judah
8.Yuta
A Levitical city in the mountains or hill-country of Judah (Joshua 15:55; 21:16). It is supposed to have been the residence of Zacharias and Elisabeth, and the birthplace of John the Baptist, and on this account is annually visited by thousands of pilgrims belonging to the Greek Church (Luke 1:39). Source: Easton's Bible Dictionary
Lokasi kuno adalah 5 1/3 miles South of Hebron
9.Bet-Semes
Berdasarkan info topographical ini, lokasi ini berada di "went down to Beth-Shemesh."
The Philistines lay along the western border of Judah and the location of Beth-Shemesh of Judah is thus clearly fixed near the western lowland, close to the border between the territory of Judah and that claimed by the Philistines
... puts Beth-Shemesh most probably near the border between Judah and Israel, which would locate it near the northern part of the western border of Judah's territo ry. In the assignment of cities to the Levites, Judah gave Beth-shemesh with its suburbs (Joshua 21:16). It has been identified with a good degree of certainty with the modern `Ain Shems.
Berarti daerah ini berada di dataran rendah, bukan daerah pegunungan Yehuda.
Dari kemungkinan-kemungkian lokasi tempat tinggal keluarga imam Zakaria, semua nya bisa dijangkau dalam 1 hari perjalan baik jalan kaki atau mengendarai keledai.
Waktu Paling Cepat
Imam Zakaria kemungkinan besar menggauli Elizabeth langsung sepulang dari tugas keimamatannya dalam minggu ke-11.
Berdasarkan rata-rata usia bayi tumbuh sempurna didalam kandungan dan siap dilahirkan adalah 40 minggu.
Maka Yohanes Pembaptis paling cepat lahir pada minggu ke-51 tahun itu dan bertepatan pada akhr bulan Adar (pertengahan bulan Maret menurut kalender Gregorian)
Waktu Paling Lambat
Waktu paling lambat kita ambil waktu dimana Zakaria menggauli Elizabeth sebelum keberangkatan imam Zakaria ke Yerusalem dan kita batasi maksimal 3 bulan setelah kepulangan dari course pertama atau 3 bulan sebelum course kedua.
Konsepsi Yohanes Pembaptis bisa terjadi pada minggu ke 22 .
Pada konsepsi yang terjadi waktu ini, maka Yohanes Pembaptis akan dilahirkan pada minggu ke-11 atau pertengahan bulan Sivan ( akhir bulan Mei menurut kalender Gregorian)
Pada theori pertama ini, rentang waktu kelahiran Yohanes Pembaptis adalah :
Mulai minggu ke-51 : akhir bulan Adar atau pertengahan bulan Maret
Hingga minggu ke-11 : pertengahan bulan Sivan (akhir bulan Mei)
Theori (Course) Kedua
Waktu Paling Cepat
Bila peristiwa diatas berdasar dari kepulangan imam Zakaria pada periode tugas kedua tahun itu, maka konsepsi Yohanes Pembaptis kemungkinan paling cepat terjadi pada minggu ke-36 tahun itu.
Maka Yohanes Pembaptis paling cepat lahir pada minggu ke-25 tahun berikutnya dan bertepatan pada akhir bulan Elul (pertengahan bulan September menurut kalender Gregorian)
Waktu Paling Lambat
Waktu paling lambat kita ambil waktu dimana Zakaria menggauli Elizabeth sebelum keberangkatan imam Zakaria ke Yerusalem dan kita batasi maksimal 3 bulan setelah kepulangan dari course kedua atau 3 bulan sebelum course pertama tahun berikutnya.
Konsepsi Yohanes Pembaptis bisa terjadi pada minggu ke-47 .
Pada konsepsi yang terjadi waktu ini, maka Yohanes Pembaptis akan dilahirkan pada minggu ke-35 atau awal bulan Kislev ( pertengahan bulan November menurut kalender Gregorian)
Pada theori kedua ini, rentang waktu kelahiran Yohanes Pembaptis adalah :
Mulai minggu ke-25 : akhir bulan Elul atau pertengahan bulan September
Hingga minggu ke-36 : pertengahan bulan Kislev (akhir bulan Desember)
Kelahiran Yesus
Dari hasil perhitungan dan ini ke tiga tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa :
Bayi Yesus lahir 6 (enam) bulan setelah kelahiran bayi Yohanes Pembaptis.
Dari theori pertama, maka bayi Yesus lahir pada hari kelahiran Yohanes Pembaptis yang dihasilkan pada theori kedua.
Dengan rentang waktu pertama:
Mulai minggu ke-25 : akhir bulan Elul atau pertengahan bulan September
Hingga minggu ke-36 : pertengahan bulan Kislev (akhir bulan Desember)
Demikian juga sebaliknya, bila Yohanes lahir pada theori kedua, maka bayi Yesus lahir pada theori pertama.
Dengan rentang waktu kedua:
Mulai minggu ke-51 : akhir bulan Adar atau pertengahan bulan Maret
Hingga minggu ke-11 : pertengahan bulan Sivan (akhir bulan Mei)
Bila data ini dibandingkan dengan kesimpulan pertama (prematur) diatas yang didasarkan pada kisah sekumpulan gembala dan domba-dombanya yang terjadi antara bulan April – Oktober (pertengahan bulan Nisan – pertengahan bulan Tishri)
Maka data rentang waktu kedua lah yang paling mendekati dengan kisah narasi gembala diatas.
Jadi kesimpulannya :
Peristiwa lahirnya Bayi Yesus di Bethlehem terjadi dalam bulan (dalam rentang waktu)
Antara akhir bulan Adar hingga pertengahan bulan Sivan
Atau
Antara pertengahan bulan Maret hingga akhir bulan Mei
Salam
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment