Saturday, December 1, 2007

Tidak akan berlalu


Mat 24:35 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.


Sound
Code:
Sound is generally known as vibrational transmission of mechanical energy that propagates through matter as a wave (through fluids as a compression wave, and through solids as both compression and shear waves) that is audibly perceived by a living organism through its sense of hearing.


Dibawah ini aalah penjabaran theori gelombang suara secara sederhana

Suara secara umum dikenal sebagai transmisi getaran energi mekanis yang merambat melalui materi sebagai gelombang ( melalui zat cair sebagai gelombang tekanan, dan melalui zat padat baik sebagai gelombang tekanan maupun pergerseran gelombang) yang diterima dan terdengar oleh makhluk hidup lewat indra pendengaran (dengan rentang frekuensi 20Hz-20KHz)

Berdasar karakteristik maka secara umum , gelombang dapat dikelompokkan menjadi :

Gelombang transversal



Gelombang longitudinal







Berdasarkan kemampuan untuk melalui suatu media

Gelombang mekanikal

Gelombang ini tidak sanggup melewati ruang hampa udara (vacuum)
Termasuk disini adalah : gelombang pada seutas tali, gelombang air laut, dll.




Gelombang Elektromagnetik

Jenis gelombang ini memiliki kecepatan 3.00 x 10*8 m/s dan sanggup melewati ruang hampa udara (vacuum)
Termasuk disini adalah : gelombang radio, gelombang cahaya, dll.



Masing-masing gelombang memiliki kesamaan dasar sbbg :



Suara adalah gelombang longitudinal, transversal dan tekanan gelombang.





Anda bisa cek dan test tentang suara disini

Secara umum, rata-rata kecepatan rambat gelombang suara (mekanikal) adalah sebesar 331 m/s

Sedangkan kecepatan rambat gelombang elektromagnetik(cahaya) adalah sebesar 3.00 x 10*8 m/s

Gambar dibawah ini menjelaskan lama waktu yang ditempuh oleh gelombang elektromagnetik (transmisi suara via radio, cahaya) adalah sebesar : 1.2 detik



Dari gambar karakteristik gelombang diatas, sebuah gelombang memiliki faktor : panjang gelombang (lambda), tinggi atau amplitudo gelombang (y) , frekuensi gelombang (f) dan jarak tempuh gelombang (d) serta waktu tempuh (t)

Karena gelombang adalah rambatan energi dimana besarnya energi digambarkan sebagai tinggi atau amplitudo gelombang, maka saat gelombang ini merambat, sepanjang perjalanan rambatannya ia akan kehilangan atau berkurangnya energi sampai akhirnya ia kehabisan energi.

Gambar yang ini, nampak secara horizontal (mendatar), gelombang ini kehabisan energi



Gambar yang ini, nampak secara vertikal (tegak), gelombang ini kehabisan energi


Bila saya menyapa teman saya seorang astronot yang sedang berada di bulan dengan peralatan telekomunikasi yang tersedia, kata sapaan 'Hallo' baru akan terdengar di sana setelah 1.2 detik kemudian.

Namun bila saya menyapa dia tanpa bantuan alat telekomunikasi apapun, maka kata sapaan saya 'Halo' yang sama baru akan terdengar setelah : 1,087,613.29 detik atau sekitar 12.5 hari kemudian.

Inipun dengan asumsi gelombang suara saya tidak kehabisan energi selama perjalanan dan sanggup melewati ruang hampa udara.

Sedangkan dari karakteristik fisika hal ini tidak memungkinkan. Maka perkataan saya akan berlalu dan hilang ditengah jalan, dia akan lenyap sebelum sampai tujuan. Ia akan lenyap entah dimana.



Ilustrasi keluarga Simpson diatas menggambarkan saat mereka berkumpul dan Bart berteriak, maka seluruh anggota keluarga dapat mendengar teriakan saat itu juga secara bersamaan.
Dengan asumsi bahwa gelombang suara Bart memiliki energi untuk merambat sebelum benar-benar lenyap kehilangan energinya selama 5 detik.
Dengan kecepatan secepat cahaya, Bart lari sejauh 331 meter. Maka satu detik dari saat Bart berteriak, ia akan mendengar suaranya lagi. Hommer lari secepat cahaya sejauh 662 meter dan dua detik kemudian ia mendengar teriakan Bart yang sama. Bila Bart lari lagi sejauh 1,655 meter (1.6 km) maka pada detik ke-5, ia masih dapat mendengar suara yang sama pula.




Dalam sebuah film berjudul 'Contact' ada nukilan kisah sbb :

Code:

Government and military officials descend on Ellie's project, intent on taking control of it and displeased with the open announcement of the discovery. During arguments, one of Ellie's team members finds a complex interlaced data structure woven into the sequence of prime numbers. They discover that a sideband of additional data is interlaced with a television image, with video footage of Adolf Hitler making his opening speech at the 1936 Olympics in Berlin; apparently an extraterrestrial intelligence had received this early human broadcast and transmitted it back to earth.


Secara theori, transmisi gelombang electromagnetik ini sanggup menempuh jarak dalam rentang tahun cahaya, tergantung energi awal sebelum gelombang electromagnetic ini benar-benar kehilangan energi (kuasanya) disuatu tempat disuatu masa.


Demikian pula, apapun itu perkataan yang keluar dari mulut kita, pasti ia pada suatu masa dan suatu saat pasti akan lenyap.

Sama seperti ilustrasi diatas, sebelum ia lenyap, ia membawa energi di suatu masa dan disuatu tempat.
Energi tadi akan melakukan sesuatu - entah itu energi yang merusak - entah energi yang membangun.

Bila mulut kita mengeluarkan perkataan-perkataan kotor, najis, cacian, makian, kutuk, dll - adalah benar perkataan ini akan lenyap disuatu tempat dan suatu saat - namun dalam perjalanannya, ia akan merusak seseorang - entah anda sendiri ataupun orang lain.

Demikian juga, bila dari mulut kita keluar berkat, saran, nasehat, kata-kata penghiburan, dll, ia memang akan lenyap dan berlalu, namun sepanjang perjalanannya ia akan membangun seseorang - entah anda sendiri, entah orang lain

Jas 3:9 Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah,

Php 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.


Bila perkataan kita akan berlalu, tidak demikian halnya dengan perkataan atau Firman Tuhan

Mat 24:35 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

Isa 55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.






Ilustrasi Big Bang sebagai hasil theori manusia tentang asal-usul alam semesta ini



Theori wormhole (lubang cacing) sebagai penghubung dan jarak terdekat antar universe, suatu ruang waktu ynag bisa dilipat dan memungkinkan 'sesuatu' menempuh jarak ruang waktu dengan lebih cepat

Alam semesta begitu luas, namun bagaimanakah Firman Tuhan bisa tetap kekal tidak kehilangan energi (kuasa) setelah menempuh jarak ruang dan waktu sekian lama?

Sebab Allah adalah Roh, maka perkataanNya pun adalah Roh juga yang tidak terikat dan tunduk pada dimensi ruang dan waktu.


Benar, perkataan-perkataan Tuhan yang telah di-Firman-kan Tuhan ribuan tahun yang lalu, belum berlalu dan tidak akan pernah berlalu. Ia masih dapat kita dengar. Bahkan dari generasi ke generasi , Firman itu tetap sama. Ia tetap sama dan tetap kuat, memiliki energi (kuasa) yang sama pada saat dikeluarkan dari mulut Allah. Firman itu sanggup melakukan apa yang diperintahkan ribuan tahun yang lalu, pada saat ini dan dengan kuasa serta hasil yang sama juga.

Firman itu tetap berkuasa.

Alkitab itu bukan sekedar catatan tangan manusia - namun Ia berisi Firman Tuhan yang penuh kuasa.

Firman yang sama, tetap bekerja dan tetap berada dalam teriorial udara ini


Percayakah Anda?


Salam

No comments: