Thursday, December 27, 2007

Schizophrenia

  • The term "schizophrenia" translates roughly as "splitting of the mind", and comes from the Greek σχίζω (or schizo, "to split" or "to divide") and φρήν (or phrēn, "mind")

Istilah "schizophrenia" di terjemahkan secara bebas yang berarti "pikiran (jiwa) yang terbagi", dan istilah ini berasal dari bahasa Yunani schizo (pecah/belah/bagi) dan phren (pikiran/jiwa).

Dalam istilah bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai : berkepribadian ganda.

  • It could be described as the splitting of the mind's cognitive functions pertaining to thought, perception, and reasoning from the appropriate emotional responses.
Dapat digambarkan sebagai fungsi pengenalan pikiran yang terbagi/terpecah terhadap pemikiran, persepsi, dan alasan suatu tanggapan-tanggapan emosional

Istilah sederhananya, orang yang memiliki kelainan jiwa seperti ini bisa disebut berkepribadian ganda, memiliki 'wajah' lebih dari satu, bermuka dua :).




Silence of the Lambs, adalah salah satu film yang menceritakan kelainan jiwa (mental disorder) yang dialami oleh Hannibal (literal cannibal).

Dalam dunia fiksi barat - Batman , ada tokoh Two Face



Hollywood pun ikut menampilkan 'dua wajah yang berbeda' dalam Face Off



Di dunia wayang Indonesia pun juga tidak ketinggalan. Ada tokoh yang bernama Dasamuka (literal 'bermuka sepuluh' :) ) - penuh kelicikan



  • Menjadi atau tak menjadi pikun, budek, dan rabun, dan pelupa, saya kira sebaiknya politisi Indonesia zaman ini tak usah berusaha seperti Dasamuka. Apa gunanya umur panjang kalau umur itu malah menjadi musibah?
Bila anda datang di Bali atau mungkin Anda yang tinggal di Bali, Anda akan menemukan patung Catur Muka (Empat Wajah) ini di hampir tiap-tiap perempatan jalan besar.



Disini saya tidak bermaksud menyatakan semua ini adalah schizophrenia dalam sisi negatif nya, namun saya mengambil istilah turunan dari istilah ini yaitu :

memiliki wajah lebih dari satu, sebuah ketidak konsistenan, splitting of mind, tiada kesatuan pikiran dan hati

Inilah tujuan akhir dari intro tulisan ini.


Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."
(Mat 19:5-6)


Sebuah keluarga baru yang dibentuk oleh seorang lelaki dan perempuan yang diberkati Tuhan, mereka kembali menjadi satu daging atau satu tubuh.

Pengertian 'menjadi satu daging' ini memiliki dua makna :

1. Makna literal

Terjadi saat lelaki dan perempuan ini bersetubuh : melakukan hubugan suami-istri.
Tindakan ini memiliki 2 tujuan :

a. Berbagi kasih (kasih eros)
b. Menghasilkan keturunan

2. Makna rohani

Lelaki dan perempuan, bukan lagi dua pribadi, melainkan harus memiliki satu 'kepribadian', kesatuan hati , kesatuan pikiran, kesatuan tujuan dan kesatuan roh.
Semuanya menjadi satu.


Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. (Eph 5:28)

Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. (Eph 5:28 )


Suami-istri harus memiliki 'kesatuan' tadi dan tidak boleh ada 'Schizophrenia' - splitting of mind pada keluarganya. Suami-istri haruslah menampilkan satu wajah dan tidak diperkenankan masing-masing menampilkan' wajah' mereka sendiri-sendiri sebagai representasi wajah keluarga. Ini adalah 'penyakit berkepribadian ganda' yang sering menyebabkan perpecahan keluarga - perceraian.

Jadi, fokuskan pikiran (jiwa) keluarga Anda. Miliki kesatuan hati, jiwa pikiran, tujuan dan roh.

Bila tidak, hati-hati, keluarga anda menderita penyakit kelainan jiwa : Schizophrenia



Salam








No comments: