Saturday, December 29, 2007

Seorang anak, seekor domba dan sekeping mata uang



Bila anda disuruh memilih yang paling berharga dari ketiga hal diatas, mana yang akan anda pilih?

Mungkin bagi anda yang belum memiliki anak atau memiliki sifat humanisme yang tinggi, tanpa berpikir panjang akan memilih : anak.

Lain halnya bila anda sudah banyak memiliki anak disertai dengan segala bentuk kerepotan mengurusi anak, mungkin anda akan lebih memilih seeokor domba. Domba bisa dipiara dan dikembang biakkan. Atau bahkan bisa saja dijual dan uang hasil penjualannya buat biaya hidup sehari-hari. Atau mungkin karena sudah lama tidak pernah makan daging, tanpa berpikir panjang domba tadi disembelih. Sebagian dimasak, sebagian dijual atau dibagikan kepada tetangga.

Tinggal sekeping uang.

Berapa sih nilainya sekeping uang ini? Ia hanyalah kepingan uang logam dari bahan yang tidak begitu berharga , setidaknya bukan terbuat dari logam mulia. Nilai tukarnya juga tidak seberapa. Jadi kemungkian besar, tidak akan ada yang melirik pilihan ketiga ini.



Tahukah Anda, bahwa ketiga hal diatas bisa merupakan suatu alasan representasi Kerajaan Sorga? Bahwa ketiga hal diatas memiliki nilai yang sama pentingnya?

Mari kita perhatikan baik-baik.

1. Kepingan mata uang logam yang hilang



Dikisahkan, saat wanita ini kehilangan sekeping mata uangnya, ia segera mencarinya dengan tekun


Lukas mencatat demikian

15:8"Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?
15:9Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.

dracmhn

Kata:dracmh drachme
Pengucapan:drakh-may'
Asal Kata:from 1405
Sumber:
Jenis Kata:n f
Dalam AV:piece 2, piece of silver 1
Jumlah:3
Definisi:
 1) a drachma, a Greek silver coin about the same weight as a
Roman denarius

K.Kecil== Dirham
Dirham (Yunani: \_drakhma\_)  TB-  Mata uang emas dari Persia seberat kurang lebih 8 gram. Juga mata uang
perak dari Yunani yang nilainya hampir sama dengan satu dinar. Dua
dirham ialah bea untuk bait Allah.
K.Haag== Dirham DIRHAM --> (YUNANI: DRAKHMA) --> UANG LOGAM
Satu dirham Yunani = satu dinar Romawi = rata-rata upah harian pekerja

Karena sangat bersukacitanya wanita ini, ia mengundang sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya untuk bersukacita cita.
Bisakah anda bayangkan undangan ini tanpa biaya sedikit pun? Buat menyediakan makanan dan minuman? Buat pesta kecil-kecilan? Tidakkah nilai biayanya jauh lebih besar dari dirham yang hilang itu sendiri?

Mata uang logam adalah representasi benda mati.
Mati adalah mati.
Ia tidak menyadari keberadaannya.
Bahkan ia tidak menyadari bahwa dirinya telah terhilang.

Banyak diantara kita yang tidak menyadari dan tidak tahu bahwa dirinya telah terhilang. Maka orang-orang kategori 'koin yang hilang' adalah orang-orang yang tidak menyadari bahwa dirinya hilang. Karena tidak menyadari dirinya terhilang, maka dia juga tidak perlu/bisa kembali ke Tuan Pemilik koin dengan sendirinya.
Ia harus dicari.

Dalam prakteknya, kategori orang-orang seperti ini adalah : atheis, agnostik, dll

2. Domba yang hilang



15:4"Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?
15:5Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira,
15:6dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan.

Sang Gembala rela meninggalkan 99 ekor domba lainnya untuk mencari yang seekor ini.



Ketika Ia menemukannya, Ia meletakkan di bahuNya dan memanggulnya pulang kembali



Domba adalah representasi manusia hidup yang tahu bahwa dirinya terhilang, namun tidak bisa pulang kembali : tidak tahu jalan pulang, tidak bisa mencari jalan pulang, mengambil jalan pulang yang menyesatkan.

Kembali lagi, kelompok ini tetap harus dicari dan ditemukan serta dibawa pulang kembali ke Rumah.

Kategori domba hilang dalam tataran praktek adalah : manusia-manusia yang bergabung dengan gerakan-gerakan yang menamakan dirinya agama atau gerakan semacamnya - sebuah jalan menuju rumah abadi.
Entah agama apapun - even Kristen.
Agama tidaklah menyelamatkan.

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yoh. 14:6)

3. Anak yang hilang

Narasi Lukas
15:11Yesus berkata lagi: "Ada seorang mempunyai dua anak laki-laki.
15:12Kata yang bungsu kepada ayahnya: Bapa, berikanlah kepadaku bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu di antara mereka.
15:13Beberapa hari kemudian anak bungsu itu menjual seluruh bagiannya itu lalu pergi ke negeri yang jauh. Di sana ia memboroskan harta miliknya itu dengan hidup berfoya-foya.
15:14Setelah dihabiskannya semuanya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu dan iapun mulai melarat.
15:15Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang majikan di negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babinya.
15:16Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu, tetapi tidak seorangpun yang memberikannya kepadanya.
15:17Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan.
15:18Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa,
15:19aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa.
15:20Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia.
15:21Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa.
15:22Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya.
15:23Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita.
15:24Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria.



Anak yang hilang adalah representasi manusia yang menyadari dirinya terhilang dan tahu jalan pulang ke rumah Bapa. Ia tidak perlu dicari. Ia hanya membutuhkan pertobatan dan kerendahan hati dan menyesali kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya - mau pulang.

Saat pulang pun, ia disambut Bapa.



Ketika mereka kembali ditemukan
Ketika mereka kembali pulang

Saatnya diadakan pesta ...

15:7Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."

15:10Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat."

15:32
Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali."

Salam


1 comment:

defi said...

thx! pendalaman alkitab yg sgt memberkati! :) Gbu