Saturday, December 15, 2007

3 Hari 3 Malam - Paskah - Yesus wafat hari Kamis

Yesus meminta dua orang muridnya : Petrus dan Yohanes, hari masih siang dan matahari belum tenggelam.
Hari ini disebut sebagai hari persiapan Paskah (Pesach) yang jatuh pada tanggal 14 bulan Nissan.

Erev Pesach & Pesach
Code:

Erev Pesach and Fast of the Firstborn known as "Ta'anit Bechorim" — 14 Nisan


Fast of the Firstborn

Code:
Fast of the Firstborn (Hebrew: תענית בכורות, Ta'anit B'khorot1 or תענית בכורים, Ta'anit B'khorim2); is a unique fast day in Judaism which usually falls on the day before Passover (i.e. the fourteenth day of Nisan, a month in the Jewish calendar. Passover always begins on the fifteenth of the month). Usually, the fast is broken at a siyum celebration (typically made at the conclusion of the morning services), which, according to prevailing custom, creates an atmosphere of rejoicing that overrides the requirement to continue the fast (see below).
This fast commemorates the salvation of the Israelite firstborns during the Plague of the Firstborn (according to the Book of Exodus, the tenth of the ten plagues wrought upon Ancient Egypt prior to the Exodus of the Children of Israel), when, according to Exodus (12:29): "...God struck every firstborn in the Land of Mitzrayim (Ancient Egypt)...."3 Unlike most Jewish fast days, only firstborns are required to fast on the Fast of the Firstborn.

Luk 22:8 Lalu Yesus menyuruh Petrus dan Yohanes, kata-Nya: "Pergilah, persiapkanlah perjamuan Paskah bagi kita supaya kita makan."

Hari persiapan ini disebut sebagai Erev Pesach dimana rangkaian hari Raya Roti tak beragi selama 7 hari berturut-turut akan dimulai. Domba Paskah disembelih. Perayaan berlangsung dari tanggal 15-22 bulan Nissan.

Perayaan Paskah itu sendiri dimulai saat matahari tenggelam dan memasuki tanggal 15 bulan Nissan.
Perhitungan hari bangsa Yahudi dimulai pada saat tenggelamnya matahari.





Pada malam - hari pertama Paskah, setelah perjamuan Paskah, Yesus dan murid-muridNya pergi ke bukit Zaitun dan kemudian ke taman Getsemani.

Jarak kedua tempat ini cukup dekat dan tidak sampai 1 km



Yesus ditangkap:
Dibawa ke Imam besar - Hanas - Kayafas dan akhirnya kepada Pilatus.
Dia diadili dan dijatuhi hukuman salib.
Peristiwa penyaliban dan kematian ini masih dalam kerangka waktu Paskah hari pertama tanggal 15 bulan Nissan.
Yesus wafat jam 3 sore

Rangkaian Yesus berada di perut bumi (dunia orang mati) baru saja dimulai

Hari pertama

Ketika menjelang malam tiba - matahari terbenam, mulailah memasuki rangkaian Paskah hari kedua tanggal 16 bulan Nissan yang bertepatan dengan hari persiapan Sabbat (Erev Sabbath).

Malam perama

Mar 15:42-43
(42) Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan, yaitu hari menjelang Sabat.
(43) Karena itu Yusuf, orang Arimatea, seorang anggota Majelis Besar yang terkemuka, yang juga menanti-nantikan Kerajaan Allah, memberanikan diri menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus.


Malam itu adalah dimulainya hari persiapan Sabbat menjelang Sabbat (Sabbath Eve) dan bukan hari Sabbat itu sendiri.

Mayat Yesus di balut kain kafan - diberi rempah-rempah dan dibaringkan di sebuah kubur baru yang dekat dari tempat penyaliban itu juga.

Joh 19:41-42
(41) Dekat tempat di mana Yesus disalibkan ada suatu taman dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah dimakamkan seseorang.
(42) Karena hari itu hari persiapan orang Yahudi, sedang kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat Yesus ke situ.



Hari kedua

Esok harinya, yaitu siang hari pada hari persiapan Sabbath (Erev Sabbath) ada beberapa permpuan yang melihat kubur Yesus

Luk 23:54 Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir mulai.
Luk 23:55 Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan.


Kemudian merekapulang untuk menyediakan rempah-rempah dan minyak mur untuk Yesus.
Berhubung sebentar lagi Erev Sabbath berakhir, dan hari Sabbath sebentar lagi dimulai (saat terbenamnya matahari), maka mereka harus berhenti dari pekerjaan.

Malam kedua
Hari ketiga

Luk 23:56 Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (23-56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,


Malam ketiga
Mereka mendatangi kubur Yesus pada hari pertama Minggu itu setelah hari Sabbath berakhir yaitu pada pagi harinya, bukan pada malam hari saat dimulainya hari pertama minggu itu

Luk 24:1-3
(1) tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.
(2) Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu,
(3) dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus.



Secara Grafis, anda bisa melihat demikian :





Salam

1 comment:

diskusi said...

wah beda lagi nich,aku pernah baca dari suatu buletin gereja tertentu di semarang, malah bangkitnya yang hari kamis. yang betul yang mana ya? padahal masing2 mendapat tuntunan Roh Kudus dalam baca Alkitab? tolong jelaskan dong!