Wednesday, December 12, 2007

Mengapa berbahasa Roh (aka. bahasa lidah lain)?

1Co 14:2 Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.

Ada tiga poin penting dalam ayat diatas yaitu

Bahasa Roh adalah bahasa

1. Komunikasi dengan Allah
2. Tidak ada yang mengerti bahasa tersebut, selain roh
3. Berisi pesan rahasia

Saya akan meninjau dari sisi poin ke tiga.

Tentang bahasa lidah ini, saya pernah membahasnya disini dan saat ini saya akan lebih fokus pada isi pesan yang dibawa oleh bahasa komunikasi ini.

Pesan Rahasia

Dalam dunia militer, terutama dalam kejadian peperangan fisik atau perang urat-syaraf (psywar), sudah menjadi kewajiban bagi pasukan di lapangan untuk mengirim pesan dalam bahasa sandi ke markas komando atau sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk menghindari jatuhnya pesan yang dibawa oleh sang kurir (courier)pesan ke tangan musuh.

Code:
Before the widespread use of computers and the Internet, cryptography—from the Greek kryptos (hidden) and graphein (writing)—was largely the domain of the military or diplomats. Indeed, the earliest recorded instance of encryption dates to about 400 bc, when the Spartans used a device called a scytale to send coded messages between military commanders. A strip of parchment or leather was wrapped spirally around a baton or staff of a certain diameter. The sender wrote the message down the length of the staff, and then unwrapped the parchment, effectively scrambling the order of the letters. To decode the message, the recipient had to wrap the parchment around a staff of the same diameter, whereupon the transposed letters returned to their original order.

Sumber

Dalam Perang Dunia II : Navajo Code Talker

Code:
The Japanese chief of intelligence, Lieutenant General Seizo Arisue, said that while they were able to decipher the codes used by the U.S. Army and Army Air Corps, they never cracked the code used by the Marines. The Navajo code talkers even stymied a Navajo soldier taken prisoner at Bataan. (About 20 Navajos served in the U.S. Army in the Philippines.) The Navajo soldier, forced to listen to the jumbled words of talker transmissions, said to a code talker after the war, "I never figured out what you guys who got me into all that trouble were saying."


Salah satu mesin kryptograph yang sukses pada masa PDII adalah Enigma




Code:
Jakarta - Sandi Enigma yang membuat pusing kriptografer terbaik Sekutu dalam Perang Dunia II, kini terpecahkan oleh kriptografer amatir.

Kode rahasia milik Nazi tersebut terdiri dari tiga sandi yang dienkripsi pada tahun 1942, dan belum pernah terpecahkan. Kala itu, proses enkripsinya dilakukan dengan mesin terbaru buatan Jerman yang sangat kondang, Enigma. Sandi-sandi tersebut menyimpan rencana serangan Nazi ke armada laut Sekutu di lautan Atlantik.

Beberapa waktu lalu, salah satu sandi Enigma terpecahkan oleh pria kelahiran Jerman, Stefan Krah yang juga seorang pemain biola dan kriptografer amatir. Melalui M4 Project, sandi tersebut terpecahkan dengan bantuan sejumlah partisipan. Proyek tersebut dinamai sesuai dengan nama mesin Enigma yang menelorkan sandi tersebut.

Sumber

M4_project dengan Server log nya dan Hasil interpretasi nya
Code:
Date: 2006-02-20 11:02:26
Score: 6259047
UKW: B
W/0: B241
Stecker: ATBLDFGJHMNWOPQYRZVX
Rings: AAAV
Message key: VJNA



Isi pesan asli
Code:
vonvonjlooksjhffttteinseinsdreizwoyyqnnsneuninhaltxxbeiangriffunterwasser
gedruecktywabosxletztergegnerstandnulachtdreinuluhrmarquantonjotaneunacht
seyhsdreiyzwozwonulgradyachtsmystossenachxeknsviermbfaelltynnnnnnoooviery
sichteinsnull



Isi pesan yang berhasil dipecahkan dalam bahasa Jerman
Code:
Bei Angriff unter Wasser gedrueckt, Wasserbomben. Letzter Gegnerstandort
08:30 Uhr, Marqu AJ 9863, 220 Grad, 8 Seemeilen, stosse nach. 14 Millibar
faellt, NNO 4, Sicht 10.


Isi pesan setelah diterjemahkan dalam bahasa Inggris
Code:
Forced to submerge during attack, depth charges. Last enemy location
08:30h, Marqu AJ 9863, 220 degrees, 8 nautical miles, (I am) following
(the enemy). (Barometer) 1014 Millibar (tendency) falling, NNO 4, visibility 10.


Pemecahan kode rahasia ; data yang telah diacak, di enkripsi telah menimbulkan keinginan yang sangat besar bagi sebagian besar orang untuk memecahkannya entah dengan tujuan iseng yang tentunya menimbulkan kebanggan karena berhasil memecahkan kode tersebut atau memang bertujuan untuk tujuan tidak baik.

Pemecahan kode untuk tujuan tidak baik antara lain untuk pencurian data, pencurian uang, pembajakan piranti lunak (software), dll.

Dalam transaksi keuangan via internet sangat rawan untuk disadap dan dibobol, namun biasanya pembobolan transaksi ini lebih banyak disebabkan oleh 'human error' bukan karena ada masalah enkripsi data, sebab enkripsi ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Code:
> 2. Bagaimana cara dan kiat dari para hacker untuk membobol kartu kredit
> orang lain?

umumnya kartu kreditnya sendiri engga di bobol di Internet
yang terjadi umumnya nomor-nya di ambil waktu gesek kartu kredit
di restoran, di hotel dll .. lebih gampang itu modus-nya daripada
harus ngebobol kartu kredit di Internet yang di proteksi pakai SSL 128bit
butuh ratusan komputer kerja paralel buat ngebobol-nya ..


> 4. Mengapa sistem pengaman internet ini masih cukup rentan dan meragukan?

sistem keamanan internet-nya sih engga rentan koq
malah dengan metoda enkripsi RC4 yang dipakai di SSL
dengan 128bit sekarang ini membutuhkan trilyun milyard tahun
dengan 150 komputer jalan paralal

di bawah saya coba tulis tabel waktu yang dibutuhkan untuk
membobol informasi yang di enkrip menggunakan RC4 yang dipakai di SSL
berdasarkan jumlah bit kunci yang digunakan.

40 bit 15 hari
56 bit 2.691,49 tahun
64 bit 689.021,57 tahun
128 bit 12.710.204.652.610.000.000.000.000 tahun

waktu tsb dibutuhkan dengan menggunakan 150 komputer jalan paralel ..

Sumber

Code:

Stephen Liestyo, General Manager Consumer Banking BCA, mengakui bahwa pihaknya banyak menerima pengaduan berkaitan dengan pembobolan rekening lewat Internet. Namun, nasabah selalu saja menyalahkan penyedia jasa electronic banking (e-Banking). “Padahal, pembobolan itu banyak terjadi karena kecerobohan nasabah,” kata Liestyo. Selain itu, memang ada orang yang iseng dengan memanfaatkan kelengahan dan kecerobohan nasabah untuk mengeruk keuntungan pribadi. Nasabah pun seringkali selalu mengelak ketika ditanyai oleh pihak bank dari mana saat mengakses Internet Banking.

Sumber

Tentang enkripsi data anda bisa baca disini atau disini atau disini atau disini

Saluran telekomuniasi kenvensional maupun seluler juga rentan terhadap penyadapan dan pemecahan kode ini.

Kemudian, apakah hubungan semua ini dengan bahasa Roh?

1Co 14:2 Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.

Mengapa kita 'harus' berbahasa roh yang merupakan bahasa rahasia?

Untuk menghindari jatuhnya isi pesan doa-doa kita supaya tidak jatuh ke tangan musuh

Sebab musuh kita kerjaannya itu :

Joh 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Musuh kita mencuri dari kita, merampok dari kita - apapun itu yang kita punyai atau apapun itu yang akan diberikan Bapa kepada kita.

Bisakah musuh kita mencuri/merampok doa-doa kita?

Bisa, doa-doa kita bisa saja tidak sampai ke hadapan Bapa.

Mat 13:4 Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis.

Deu 28:23 Juga langit yang di atas kepalamu akan menjadi tembaga dan tanah yang di bawahpun menjadi besi.


Code:
Ada kalanya kami dapat masuk sebuah gereja untuk mencuri Firman Allah. Kami akan menempatkan roh-roh di depan, di tengah dan di belakang gereja untuk merampas Firman dan kemudian melemparkannya keluar. Roh-roh yang di depan akan melemparkan kepada mereka yang di tengah, yang di tengah selanjutnya melemparkannya kepada mereka yang di belakang dan tugas mereka yang di belakang adalah untuk melemparkannya keluar gereja. Hal ini akan menyebabkan jemaat kehilangan perhatiannya. Mereka tahu bahwa kebaktian berjalan dengan baik, tetapi bila anda menanyakan apa yang telah mereka dengar, maka mereka tidak akan ingat apapun juga. Jadi, sebenarnyalah yang terbaik bagi setiap gereja adalah untuk mengawali kebaktian dengan doa terlebih dahulu dan mengikat segala kuasa-kuasa kegelapan sebelum kotbah disampaikan.

Sumber

Doa itu sperti Firman Tuhan juga yang bisa dicuri dan dimakan oleh si burung - musuh kita.

Bagaimana doa-doa kita bisa dicuri oleh musuh kita?

Ketika kehidupan kita sama seperti 'daerah pinggir jalan' diatas.

Bagaimana agar doa-doa kita sampai ke hadapan Bapa?

Jadikan hidup kita sama seperti tanah yang subur yang siap ditaburi benih.

Kemudian bagaimana halnya kalau kehidupan doa kita sudah seperti tanah yang subur, apakah musuh kita masih saja juga bisa mencuri dan merampas?

Bisa

Karena doa-doa kita adalah doa dalam bahasa manusia - dimana musuh kita juga mengerti, maka ia akan mempersiapkan strategi penghadangan untuk menggagalkan rencana Allah : mencuri, merampok rencana dan berkat Allah bagi kita.

Doa itu memang sampai ke hadirat Bapa, namun saat Bapa menjawab doa kita, bisa saja jawaban dalam bentuk rencana dan berkat Allah dicuri oleh mereka - menunggu kelengahan kita.

Sama, ketika malaikat utusan yang diutus menemui Daniel, dihadang oleh roh teritorial disana

Dan 10:13 Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia.

Namun bila kita berdoa dalam bahasa roh, kita menyampaikan pesan-pesan rahasia kepada Allah. Pesan-pesan ini memang bisa didengar musuh, namun mereka tidak mengerti maksud atau isi pesan doa kita, sehingga mereka pun tidak tahu harus mengambil tindakan strategy apa tehadap kita.

Mereka tidak tahu apa yang kita minta

Mereka tidak tahu isi doa kita

Mereka tidak bisa menebak rencana tindakan Allah

Dan akhirnya

Mereka pun tidak bisa menyusun rencana strategy untuk menghadang rencana Allah terhadap kita



Salam

No comments: