Tuesday, July 22, 2008

Dosa besar Vs dosa kecil

Adakah kategori dosa : dosa besar dosa kecil?

Sebenarnya secara prinsip, apa yg disebut dosa adalah sebuah pelanggaran terhadap suatu perintah larangan.

Titik.

Sin

n.
1. A transgression of a religious or moral law, especially when deliberate.

2. Theology:
a. Deliberate disobedience to the known will of God.
b. A condition of estrangement from God resulting from such disobedience.

3. Something regarded as being shameful, deplorable, or utterly wrong.

intr.v., sinned, sin·ning, sins.

1. To violate a religious or moral law.
2. To commit an offense or violation.

[Middle English sinne, from Old English synn.]


Sin, Dosa : Ketidak taatan, pelanggaran

Upah dosa adalah maut.

Rom 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.


Ayat diatas adalah penjelasan fondasi dosa yang ini :

Gen 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Larangan diatas tercatat sebagi satu-satunya larangan yang dibuat oleh Tuhan untuk manusia sebelum pelanggaran itu terjadi.


Inilah induk dari dosa sgala dosa dan induk maut dari segala maut : frase pertama Roma 6:23.

Frase kedua dari Roma 6:23, adalah kasih karunia oleh karena darah Yesus.



Mengenai dosa mendatangkan maut dan dosa tidak mendatangkan maut


1Jn 5:16
(16) Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.



Setelah terjadi pelanggaran terhadap larangan pertama dan yang utama diatas, maka dari sana ditambahkan larangan-laranagn berikutnya.

Dari sana muncul pelanggaran-pelanggaran lagi atas larangan-laranagn baru yang ada.


Rom 5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah,

Gal 3:19 Kalau demikian, apakah maksudnya hukum Taurat? Ia ditambahkan oleh karena pelanggaran-pelanggaran--sampai datang keturunan yang dimaksud oleh janji itu--dan ia disampaikan dengan perantaraan malaikat-malaikat ke dalam tangan seorang pengantara.



Dosa yang mendatangkan maut adalah [yg saya maksudkan] adalah :

Mar 3:29 Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal."

Saya mau fokus disini

Mar 3:29 os d' an blasfemese eis to pnesma to ‘gion ouk exei afesin eis ton aiona, alla enoxos estin aioniou amartematos


blasfemese bermakna


G987
βλασφημέω
blasphe¯meo¯
blas-fay-meh'-o
From G989; to vilify; specifically to speak impiously: - (speak) blaspheme (-er, -mously, -my), defame, rail on, revile, speak evil.


Kata ini berakar pada


G989
βλάσφημος
blasphe¯mos
blas'-fay-mos
From a derivative of G984 and G5345; scurrilous, that is, calumnious (against man), or (specifically) impious (against God): - blasphemer (-mous), railing.


Dan berasal dari


G984
βλάπτω
blapto¯
blap'-to
A primary verb; properly to hinder, that is, (by implication) to injure: - hurt.

Dan

G5345
φήμη
phe¯me¯
fay'-may
From G5346; a saying, that is, rumor (“fame”): - fame.



Dalam bahasa Ibrani, kata diatas memiliki bentuk


1. H1442
גּדף
ga^daph
gaw-daf'
A primitive root; to hack (with words), that is, revile: - blaspheme, reproach.

2. H3198
יכח
ya^kach
yaw-kakh'
A primitive root; to be right (that is, correct); reciprocally to argue; causatively to decide, justify or convict: - appoint, argue, chasten, convince, correct (-ion), daysman, dispute, judge, maintain, plead, reason (together), rebuke, reprove (-r), surely, in any wise.

3. H5006
נאץ
na^'ats
naw-ats'
A primitive root; to scorn; or (Ecc_12:5) by interchange for H5132, to bloom: - abhor, (give occasion to) blaspheme, contemn, despise, flourish, X great, provoke.

4.H559
אמר
'a^mar [shalah]
aw-mar'
A primitive root; to say (used with great latitude): - answer, appoint, avouch, bid, boast self, call, certify, challenge, charge, + (at the, give) command (ment), commune, consider, declare, demand, X desire, determine, X expressly, X indeed, X intend, name, X plainly, promise, publish, report, require, say, speak (against, of), X still, X suppose, talk, tell, term, X that is, X think, use [speech], utter, X verily, X yet.


Dari sekian definisi diatas , maka satu hal yang hendak disampaikan adalah : Againts [xxx]

Dalam hal ini : againts Roh Kudus

Melawan Roh Kudus.

Melawan Bapa, melawan Anak, bisa diampuni.

Namun kelitak melawan Roh Kudus, tidak ada pengampuan.

Bukannya Allah tidak sanggup mengampuni, namun penolakan permintaan itu sesungguhnya adalah penolakan penerimaan.


Ketika seseorang menolak Roh Kudus, bagaimana mungkin Dia bisa percaya dan menerima Yesus sebagai Juruselamat?

Sebab oleh Roh Kudus lah kita menjadi lahir baru dan memperoleh pendamaian dang Bapa.

Menolak Bapa

Menolak Yesus

Masih dimungkinkan diampuni, sebab Roh Kudus belum bekerja.

Ketika Roh Kudus datang dan mempertobatkan seseorang, disanalah terjadi pendamaian dan pengampunan.

Namun ketika Roh Kudus datang dan ditolak, bagaimanakah seseorang dapat menerima pengampunan dosa?

Roh Kudus adalah 'Kunci' pengampunan.


Jadi penolakan itu datangnya bukan dari Tuhan, tetapi dari diri orang yang menolak itu sendiri.

Menolak Roh Kudus adalah menolak pengampuanan.

Rom 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Hal itu dimampukan oleh Roh Kudus.

Tanpa Roh Kudus, tidak ada seorang pun yang sanggup melakukannya.

No comments: