Monday, October 29, 2007

Dunia Orang Mati

Dalam kamus Strong Hebrew :

H7585
שׁאל שׁאול
she'ôl she'ôl
sheh-ole', sheh-ole'
From H7592; hades or the world of the dead (as if a subterranian retreat), including its accessories and inmates: - grave, hell, pit.

H7592
שׁאל שׁאל
shâ'al shâ'êl
shaw-al', shaw-ale'
A primitive root; to inquire; by implication to request; by extension to demand: - ask (counsel, on), beg, borrow, lay to charge, consult, demand, desire, X earnestly, enquire, + greet, obtain leave, lend, pray, request, require, + salute, X straitly, X surely, wish.


Dalam kamus Hebrew to Greek LXX :

07585:
sheol 86 hades
sheol 2288 thanatos


Dalam Kamus Strong Greek :

G86
ᾅδης
hadēs
hah'-dace
From G1 (as a negative particle) and G1492; properly unseen, that is, “Hades” or the place (state) of departed souls: - grave, hell.

G2288
θάνατος
thanatos
than'-at-os
From G2348; (properly an adjective used as a noun) death (literally or figuratively): - X deadly, (be . . .) death.


Dunia orang mati dalam bahasa Inbarni disebut sebagai : she'ol
Dalam bahasa Yunani disebut sebagai :hades

Kedua kata ini merujuk pada 'dunia orang mati' yang meliputi :
1. grave - kubur
2. hell - 'neraka' (alam maut)
3. pit - jurang alam maut tanpa dasar

Pada pembahasan kali ini saya hanya akan fokus pada point pertama : grave

Setiap manusia entah hidup kudus entah hidup tidak kudus, entah benar atau tidak benar, entah hidup berkenan dihadapan Tuhan atau tidak - kebanyakan akan mengalami kematian.

Kematian disini dimaksudkan sebagai kematian pertama yaitu kematian tubuh. Mereka semua turun kedalam dunia orang mati [she'ol - hades]

Pada kematian inilah yang dimaksud oleh James Strong :departed souls yaitu jiwa [roh] yang meninggal kan tubuh jasmani.

Kemudian kemanakah arah tujuan dari departed souls ini?

Luk 16:22-23 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. (23) Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.


Saat Yesus mengambil ilustrasi dalam pengajarannya, Dia tidaklah sembarangan memilih cerita, namun ada sustu pesan lain yang hendak disaampaikan.

Lazarus dan orang kaya tersebut, sama-sama masuk kedalam dunia oran g mati dalam kategori - departed souls -

Keduanya dibedakan dalam destinasi atau tujuan dari - departed souls - tadi.

Lazarus dibawa oleh malaikat Tuhan kedalam pangkuan bapa Abraham, sedangkan si orang kaya dibawa kedalam alam maut.

Jiwa [roh] yang meninggalkan tubuh tersebut - departed souls - adalah jiwa [roh] yang hidup - tidak mati, sebab jiwa [roh] adalah kekal.

Jiwa [roh] Lazarus hidup dalam 'teritorial' pangkuan bapa Abraham, sedangkan jiwa [roh] si orang kaya hidup dalam teritorial alam maut.

Alam maut [she'ol] sebagai hell, pit ini berada dalam kuasa Lucifer

Isa 14:11 Ke dunia orang mati sudah diturunkan kemegahanmu [Lucifer] dan bunyi gambus-gambusmu; ulat-ulat dibentangkan sebagai lapik tidurmu, dan cacing-cacing sebagai selimutmu."

Jiwa [roh] - departed souls - ini tidak bisa/tidak diijinkan untuk kembali ke dunia orang hidup - kecuali dalam otoritas Tuhan dalam makna kebangkitan [hidup] lagi misal :

1. Kisah Lazarus saudara Maria dan Martha (Yoh 11:1-44)
2. Anak seorang Jandi di Nain (Lukas 7 :11-15)
3. Anak perempuan janda Sarfat (1 Raja2 17:17-23)

Job 7:9-10 Sebagaimana awan lenyap dan melayang hilang, demikian juga orang yang turun ke dalam dunia orang mati tidak akan muncul kembali. (10) Ia tidak lagi kembali ke rumahnya, dan tidak dikenal lagi oleh tempat tinggalnya.


Siapapun dia ...

Entah orang benar
Entah orang tidak benar

Bukan hanya orang tidak benar saja yang dikatakan 'mati'.
Hamba Tuhan yang benar dan besar pun dikatakan 'sudah mati'.


Jos 1:2 "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.

1Sa 28:3 Adapun Samuel sudah mati. Seluruh orang Israel sudah meratapi dia dan mereka telah menguburkan dia di Rama, di kotanya. Dan Saul telah menyingkirkan dari dalam negeri para pemanggil arwah dan roh peramal.


Mereka tidak dikenal oleh dunia orang hidup

Selain mereka tidak dikenal, Allah juga melarang umatnya untuk menjalin komunikasi dengan dunia orang mati - departed souls - baik secara langsung maupun tidak langsung (medium)dengan alasan karena :

1. 'Mereka' adalah unclean spirits yang kotor (najis)
2. 'Mereka' adalah iblis yang menyamar sebagai - departed souls - yang sesunguhnya. (2 Kor 11:14)

(Lev 19:31) Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal; janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi ]najis karena mereka; Akulah TUHAN, Allahmu.

(Lev 20:6) Orang yang berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal, yakni yang berzinah[/color dengan bertanya kepada mereka, Aku sendiri akan menentang orang itu dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya.

(Isa 8:19) Dan apabila orang berkata kepada kamu: "Mintalah petunjuk kepada arwah dan roh-roh peramal yang berbisik-bisik dan komat-kamit," maka jawablah: [color=blue]"Bukankah suatu bangsa patut meminta petunjuk kepada allahnya? Atau haruskah mereka meminta petunjuk kepada orang-orang mati bagi orang-orang hidup?"


(Isa 19:3) semangat orang Mesir menjadi hilang, dan rancangannya akan Kukacaukan; maka mereka akan meminta petunjuk kepada berhala-berhala dan kepada tukang-tukang jampi, kepada arwah dan kepada roh-roh peramal.


Setiap kali terjadi interaksi dengan mereka, maka dikatakan sebagai jiwa [roh] yang pezina dan terkotori (unclean).

Lev 19:2 "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus.

Bagaimana dengan kisah Musa dan Elia yang mendatangi Yesus di ukit (transfuguration), bukankah Musa sedah meninggal?

Yang perlu diperhatikan saat terjadi kisah ini adalah :

1. Mereka mendatangi Yesus yang adalah Tuhan, bukan mendatangi manusia (Petrus, Yakobus dan Yohanes).
2.Peristiwa penampakan ini diawali dengan terjadinya transfigurasi Yesus terlebih dahulu (Markus 9 :2-3)
3. Tuhan mengijinkan melihat pertemuan ini, untuk menegaskan kepada mereka , bahwa BENAR Yesus adalah Tuhan dan Mesias.

Apa yang terjadi saat transfigurasi adalah, Yesus mengambil bentuk kemuliaanNya sebagai Sang Putra yang adalah YWH - I Am That I Am - A Hayah Ve Hove Ve Yavo - Dia mengenal siapa mereka - Jiwa [roh] : Elia dan Musa. Mereka datang pada Yesus, bukan pada manusia.

Penegasan bahwa Yesus adalah Sang Putra ditegaskan oleh Yesus pada ayat :

Mar 9:9 Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka, supaya mereka jangan menceriterakan kepada seorangpun apa yang telah mereka lihat itu, sebelum Anak Manusia bangkit dari antara orang mati.

Sebab hanya Tuhanlah yang sanggup bangkit dari kematian dengan kuasaNya sendiri.

Pada kesempatan lain, Yesus melarang para muridNya untuk menyatakan Yesus sebagai Tuhan sebelum Dia bangkit dari antara orang mati. (Markus 8:29-31)


Salam

No comments: