Monday, October 1, 2007

Ketika Tuhan menciptakan manusia

Gen 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Gen 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Adakah 'agenda' Tuhan yang 'tersembunyi' saat menciptakan manusia?

Tersembunyi disini adalah sesuatu yang baru akan disingkapkan rahasianya pada saatnya.

Ecc 3:1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.

Agenda tersembunyi baru disingkapkan setelah Tuhan berkenan tinggal diantara umatNya.
1Co 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

1Co 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Tabernacle Musa

Untuk memahami hal ini, saya akan tampilkan model Bait Suci (Kemah Suci/Tabernacle Musa - padang gurun)



Sengaja saya memakai model ini karena sesungguhnya model inilah yang asli. Tabernacle Salomo (Solomon Temple) sebenarnya sudah tidak sesuai lagi dengan model yang diberikan Tuhan kepada Musa saat di gunung Sinai.

Exo 26:30 Kemudian haruslah kaudirikan Kemah Suci sesuai dengan rancangan yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu.

Dalam model model ini, tabernacle secara keseluruhan meliputi :

1. Pelataran
a. Gerbang masuk
b. Mezbah korban bakaran
c. Kolam basuhan

2. Ruang Kudus

a. Gerbang masuk
b. Meja (emas)persembahan sajian di sebelah utara
c. Lampu menorah (emas) di sebelah selatan
d. Mezbah (emas) dupa wewangian

3. Ruang Maha Kudus

a. Tirai pemisah dengan Ruang Kudus -
- terbuat dari 4 jenis warna kain : ungu, merah kirmizi, biru dan putih (tentang pola tidak dijelaskan)
- diberi gambar kerubim

b. Tabut perjanjian dg tutup pendamaian dan dua buah kerub diatasnya

Yang berisi :

1. Dua buah loh batu yang ditulis dengan jari Allah
2. Manna
3. Tongkat Harun

Manusia sebagai Kemah Suci

Tidak tahukah kamu bahwa kamu adalah Bait Allah yang adalah Kemah SuciNya...

1. Tubuh : Pelataran
2. Jiwa : Ruang Kudus
3. Roh : Ruang Maha Kudus

Ketika saya membuat tulisan Roh Jiwa dan Tubuh ini, saya melihat bahwa pada saat Tuhan menciptakan manusia (Adam),antara jiwa dan roh seperti nya tidak terpisahkan - nampak dalam bahasa aslinya Ibrani - terus terang saat cukup mengganggu pikiran saya. Sedangkan keberadaan tubuh jelas sekali terpisah dengan jiwa - roh ini. Sebab kedua nya baru ditiupkan belakangan setelah tubuh Adam selesai diciptakan.

ha'adam lenefesh chayah

Pertanyaan ini terjawab oleh penjelasan Paulus :

Heb 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Peristiwa pemisahan ini terjadi saat manusia jatuh kedalam dosa, manusia mati dan terpisah dari Sumber/Pokok Kehidupan nya. Dengan demikian Tuhan Allah telah memasang tirai pemisah yang memisahkan jiwa dengan roh, yang memisahkan manusia dari Pokok Kehidupan, yang memisahkan Adam keluar dari taman Eden tempat Pokok Kehidupan berada.

Gen 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Manusia berdosa, TUhan Allah mencabut cabang ini dari pokok kehidupan. Kemudian Allah menempatkan kerubim di Gerbang sebelah timur.

Gen 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyala beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

Perhatikan ayat-ayat ini

Joh 15:1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.

Joh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Rev 22:1-2
(1) Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu.
(2) Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.

Tuhan Allah lah Pokok Kehidupan itu, Dia bertahta di Ruang Maha KudusNya.

Maka Allah memasang tirai antara Ruang Kudus (Jiwa) dan Ruang Maha Kudus (Roh) dengan dilegkapi kerubim untuk menjaga pintu masuk ini.
Hanya imam agung yang bisa melewati tirai ini dan masuk ke Ruang Maha Kudus.

Exo 25:22 Dan di sanalah Aku akan bertemu dengan engkau dan dari atas tutup pendamaian itu, dari antara kedua kerub yang di atas tabut hukum itu, Aku akan berbicara dengan engkau tentang segala sesuatu yang akan Kuperintahkan kepadamu untuk disampaikan kepada orang Israel."

Joh 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Allah adalah Roh, Dia bertahta dalam roh. Oleh karena tirai dan kerubim ini, manusia tidak lagi bisa mendekati tahta Allah.

Ketika Yesus mati di kayu salib, Imam Agung ini telah merobek tirai ini sehingga tidak ada lagi pemisah antar Ruang Kudus dan Maha Kudus. Yesus datang untuk mengadakan pendamaian dengan Bapa oleh karena darahNya.

Mat 27:51 Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,

Terbelahnya tirai ini memiliki makna :

1. Yesus membuka jalan, kerubim menyingkir

Heb 10:20 karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri

2. Dia menggenapi nubuatan

Eze 43:4 Sedang kemuliaan TUHAN masuk di dalam Bait Suci melalui pintu gerbang yang menghadap ke sebelah timur,

Eze 44:1-2
(1) Kemudian ia membawa aku kembali ke pintu gerbang luar dari tempat kudus, yang menghadap ke timur; gerbang ini tertutup.
(2) Lalu TUHAN berfirman kepadaku: "Pintu gerbang ini harus tetap tertutup, jangan dibuka dan jangan seorangpun masuk dari situ, sebab TUHAN, Allah Israel, sudah masuk melaluinya; karena itu gerbang itu harus tetap tertutup.

3. Semua imam bisa melihat bahkan bisa mendekat Tahta Allah dalam ruang Maha Kudus

(1Pe 2:9) Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
(1Jn 3:21) Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah,

Didalam Ruang Maha Kudus (roh) terdapat :

1. Tabut perjanjian
Yang diatas nya terdapat tudung pendamaian dan kerubim. Disinilah Allah bertahta didalam hidup kita

2. Dua buah loh batu yang berisi perintah yang ditulis langsung dengan jari Allah.
Didalam hati kita pula, Allah menulis hukum-hukum nya - bukan lagi pada loh-loh batu.

(2Co 3:3) Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.

Penulisan kedalam dua loh bukanlah suatu kebetulan, namun Tuhan telah merancangnya demikian :
1. Hukum yang mengatur relasi manusia dengan Tuhan
2. Hukum yang mengatur relasi manusia dengan manusia

Mat 22:36-40
(36) "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
(37) Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
(38 ) Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
(39) Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
(40) Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

3. Roti Manna
Roti manna adalah roti yang turun dari sumber Kehidupan - Tuhan Allah di Sorga.

(Deu 8:3 ) Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.

4. Tongkat Harun yang bertunas
Harun adalam imam [imam agung]. Tongkatnya adalah lambang keimamatan.
Dengan adanya Imam Agung Yesus Kristus yang telah membuka jalan,maka kita adalah imam-imam yang dilayakkan untuk mendekat Tahta Allah.

Didalam Ruang Kudus (jiwa) terdapat :
1. Meja roti sajian yang harus diganti pagi dan petang
Manusia tidak hidup dari roti saja, melainkan dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah

Jos 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

2. Menorah yang harus tetap djaga nyala apinya, tidak boleh padam

(1Th 5:19) Janganlah padamkan Roh,

3. Mezbah dupa wewangian

Rev 8:3-4
(3) Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu.
(4) Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah.

(Heb 13:15) Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.

Pada Pelataran (tubuh) terdapat :

1. Mezbah bakaran
2. Kolam pembasuhan

Secara fisik, dua hal diatas diamanifestasikan dalam aktifitas tubuh kita sehari-hari.

Hal yang menarik secara rohani adalah, pelataran ini satu-satunya tempat yang boleh diinjak-injak/diberikan kepada orang asing.

(Rev 11:2) Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

Ruang Kudus dan Maha Kudus tidak boleh dijamah oleh siapapun keculi Sang Pemilik rumah/kemah.

Luk 11:24-26
(24) "Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu.
(25) Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapih teratur.
(26) Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula."

Dalam suatu atikel wawancara dengan seorang hamba Tuhan yang melayani dalam bidang kelepasan (exorcism) - mendapat penyataan bahwa iblis/setan, hanya boleh menjamah tubuh anak-anak Tuhan saja, mereka tidak diijinkan masuk kedalam jiwa dan roh.

Saya percaya, dalam peristiwa ini, setan hanya boleh berdiri di pelataran saja saat melemparkan dakwaan-dakwaannya.

Job 1:6 Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis.

(Rev 12:10) Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

Kemah Suci di Sorga

Lihat di dalam kitab Wahyu pasal 4, san Kitab Wahyu secara keseluruhan.

Jemaat sebagai tubuh Kristus

(1Co 12:27) Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.

dan Kristus adalah Kepala Nya

(Eph 5:23 ) karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

Kita - jemaat yang adalah tubuh Kristus adalah Kemah Suci yang dibangun sendiri oleh Yesus dan mautpun tidak akan pernah bisa menguasainya.

Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Kristus yang adalah kepala merupaka Imam Agung bagi tubuh itu sendiri. Kristus Yesus mendamaikan TubuhNya dengan Sang Bapa, agar Bapa berkenan tinggal di dalam kita dan diantara kita.

(Rev 21:3 ) Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.

No comments: