Monday, May 5, 2008

Pohon ara di kebun anggur

[ITB] Luk 13:6-9
(6) Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya.
(7) Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!
(8) Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya,
(9) mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"


Fakta dari narasi diatas adalah :

1. Kebun anggur adalah kebun yang diperuntukkan budidaya anggur.
2. Fakta lain adalah sebuah pohon ara yang tumbuh di perkebunan pohon anggur.

Sedangkan hukum Taurat yang berlaku adalah :

Jangan kau taburi kebin anggurmu dengan dua jenis benih : benih anggur dan benih lain ...

[ITB] Deu 22:9 Janganlah kautaburi kebun anggurmu dengan dua jenis benih, supaya seluruh hasil benih yang kautaburkan dan hasil kebun anggurmu jangan menjadi milik tempat kudus.

[KJV] Deu 22:9 Thou shalt not sow thy vineyard with divers seeds: lest the fruit of thy seed which thou hast sown, and the fruit of thy vineyard, be defiled.

[AMP] Deu 22:9 You shall not plant your vineyard with two kinds of seed, lest the whole crop be forfeited [under this ban], the seed which you have sown and the yield of the vineyard forfeited to the sanctuary.

...agar pemilik anggur tidak kehilangan seluruh hasil kebun tersebut.

Namun mengapa Tuhan Yesus tidak mempermasalahkan percampuran dua benih ini dan justru menggunakan percampuran benih ini sebagai ilustrasi?


Dalam Misnha bab pertanian [agricultural, 1] sub bab Kilayim [04] dan sesi 6:4

Mishna 1xx: Agriculture (04) Kilayim 6:4

6:4 He who trains a vine over part of a fruit tree— it is permitted to put seed under the remainder [of the tree]. `And if the new growth [of the vine] spread [over the rest of the tree], he shall turn it [the new growth] back. `M’SH S{M’SH S A precedent concerning a law given in abstract language; an illustration.}: R. Joshua went to R. Ishmael at Kefar Aziz, and he showed him a vine which was trained over part of a fig tree. `[R. Joshua] said to him, “May I put seed under the remainder [of the tree]?” `[R. Ishmael] said to him, “It is permitted.” `And he brought him up from there to Bet Hamaganyah, and he showed him a vine which was trained over part of a branch and a trunk of a sycamore tree, in which there were many branches. `[R. Ishmael] said to him, “Under this branch it is prohibited [to put seed], under the rest [of the branches] it is permitted.”
Mishna atau 'hukum Taurat' versi tradisi tidak tertulis, tradisi lisan turun temurun menyatakan hal tersebut dijinkan dengan beberapa syarat diatas.

Namun demikian, saya tidak akan membahas persyaratan legal tidaknya percampuran tersebut.

Fakta tambahan dari dua fakta diatas adalah :

1. Ada pemilik kebun anggur yang sesungguhnya
2. Ada mandur atau yang mengusahakan/memelihara kebun anggur tersebut : yang membiarkan pohon ara tumbuh di kebun tuannya
3.Sudah tiga tahun sejak pertama kali pemilik kebun anggur itu menjumpai pohon ara di kebunnya tidak pernah berbuah, ia menghendaki untuk menebang saja pohon ara ini.
4. Namun penjaga kebun memohon belas kasihnya untuk mengulur waktu satu tahun saja, supaya ia bisa merawat, memberi pupuk sehinngga ada tahun kelima pohon ara ini dapat berbuah. Bila tidak, maka ia boleh ditebang.

Apakah yang hendak disampaiakn oleh Tuhan Yesus dalam narasi diatas?

Mari kita gali lebih dalam :

  • Bapa adalah pengusaha atau pemilikkebun anggur itu

Joh 15:1 "... Bapa-Kulah pengusahanya."

Yesus adalah Pokok Anggur atau pengawas kebun anggur ini

Joh 15:1 "Akulah pokok anggur yang benar ..."

Yesus telah membiarkan kita orang-orang non Yahudi fisik yang adalah pemilik sah atas warisan ini - untuk tinggal dalam kebun anggur Bapa, untuk turut serta menikmati warisan ini.

Kita adalah cabang yang telah dicangkokkannya ke dalam kebun itu, kedalam Pokok Anggur itu.

Rom 11:17 ...kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah
Maka kita pun telah dicangkkkan kembali kedalam pokok anggur dan tinggal didalamnya

Joh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya.

  • Tiga tahun tanpa buah
Joh 15:5 ...Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
Namun demikian selama tiga tahun pertama, Bapa tidak melihat buah itu pada kita : pohon ara di kebun anggur, tunas liar yang telah dicangkokkan.


Tiga tahun menurut saya memiliki dua makna

Pertama

Itu adalah masa misi pelayanan Yesus di bumi yang hanya sekitar 3.5 tahun saja.
Pada masa 3 tahun inilah pohon ara kedapatan ada di kebun anggur Bapa, namun diijinkan tumbuh di kebun anggur Bapa oleh pengawas kebun angur yaitu Sang Putra.

Tiga tahun pertama , pohon ara tidak bebuah, maka pengawas kebun anggur pun meminta tambahan waktu agar dia bisa merawat, mencangkul tanah sekelililingnya biar subur serta memberi pupuk.

Yesus mencangkul hati murid-muridNya
Yesus merawat tanaman pohon ara ini
Batu-batu dan kerikil dibuang
Rumput ilalang disingkirkan

Dan yang terakahir

Dia memberi pupuk

Roh Kudus lah pupuk itu.

Ia adalah Roh yang dijanjikanNya

Joh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Kedua

Masa tiga tahun adalah masa tiga tahun dekade kehidupan kita yang telah selama ini tinggal dalam kebun anggur Bapa.

Mungkin selama masa ini hidup kita tidak pernah berbuah

Bahkan mungkin ini adalah masa dimana kita hidup dalam pesta pora duniawi.

Kini saatnya kita memasuki tahun ke 4, tahun pemberesan, tahun pemulihan, tahun pembentukan.

Berikan diri kita untuk dibentuk

Berikan diri kita kepada Tuhan seutuhnya agar Roh Kudus dengan bebas berjarya dalam hidup kita, sehingga kita pun berbuah : 30 , 60 bahkan 100 kali lipat.

Atau, perlukah kita menantikan sampai tahun ke-4 itu agar bisa berbuah dalam hidup kita?

  • Pohon yang ditebang
Bila telah memasuki tahun kelima dan ternyata tidak berbuah, maka pohon ara yang tidak berbuah itu akan ditebang.

Joh 15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya

Bapa akan memotong ranting itu

Bapa akan memotong pohon ara itu

Luk 3:9 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api."



with warm regards

No comments: