Thursday, March 13, 2008

Pasar malam : Head to head

Belakangan ini saya perhatikan ada beberapa operator telekomunikasi Indonesia yang terjebak dalam persaingan bisnis yang sudah menjurus head to head

Pada mulanya ini



Kemudian muncul ini



Kemudian yang lahirlah ini



Inipun tidak mau kalah



Apa lagi yang ini



Bila menjadi satu pasti semakin seru :



Semua menawarkan 'dirinya yang terbaik'



Aku dan temanku pergi ke 'Pasar malam agama'.
Bukan pasar dagang.
Pasar agama.
Tetapi persaingannya pun sama hebatnya.

Di kios Yahudi kami mendapat selebaran yang mengatakan bahwa Tuhan itu Maha Pengasih dan bahwa bangsa Yahudi adalah umat pilihanNya. Ya, bangsa Yahudi. Tidak ada bangsa lain yang terpilih seperti bangsa Yahudi.

Di kios Islam kami mendengar, bahwa Allah itu Maha Penyayang dan Mohammad ialah nabiNya. Keselamatan diperoleh dengan mendengarkan Nabi Tuhan yang satu-satunya itu.

Di Kios Kristen kami menemukan, bahwa Tuhan adalah Cinta dan bahwa diluar Gereja tidak ada keselamatan. Silahkan mengikuti Gereja Kudus jika tidak ingin mengambil risiko masuk neraka.

Di pintu keluar aku bertanya kepada temanku:

"Apakah pendapatmu tentang Tuhan?"

Jawabnya :

"Rupanya Ia penipu, fanatik dan bengis"


Sampai dirumah aku berkata kepada Tuhan :

"Bagaimana Engkau bisa tahan dengan hal seperti ini, Tuhan?
Apakah Engkau tidak tahu, bahwa selama beabad-abad mereka memberi julukan jelek kepadaMu?"

Tuhan berkata :

"Bukan Aku yang mengadakan 'Pasar malam agama' itu.
Aku bahkan merasa terlalu malu untuk mengunjunginya"

(Burung berkicau, A. de Mello SJ, Cipta Loka Caraka 1984 , #105. Pasar malam agama :hal 179-180)




Ya, sebuah pasar malam agama yang menawarkan dagangannya sama seperti strategi dagang head to head antar operator telekomunikasi diatas.


Yesus datang kedunia bukan untuk mengunjungi pasar malam agama, apalagi ikut-ikutan menyewa satu lot kios bagi diriNya sendiri.


Joh 10:10(b) Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Siapapun itu yang datang sebelum Yesus adalah : pencuri dan perampok (Joh 10:8)

Pencuri itu hanya datang untuk mencuri, membunuh dan membinasakan (Joh 10:10 a)

Yesus adalah :

  • Jalan
  • Kebenaran
  • Hidup

Joh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Tidak semua jalan adalah lurus dan benar

Pro 14:12 Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Tidak semua kebenaran itu memberikan kehidupan



Tetapi cuma satu Jalan yang Benar dan menuju Kehidupan : Yesus



with warm regards

No comments: