Saturday, March 8, 2008

Pemilu





Pemilu adalah pemilihan umum

  1. Ada object yang dipilih
  2. Ada subject yang memilih
  3. Ada kriteria hasil pemilihan

Aturan main hasil pemilihan adalah validitas surat suara

Dalam UU Pemilu Presiden dijelaskan definisi "sah" tentang surat suara dalam Pasal 56, ayat 1:
"Suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dinyatakan sah apabila:

a. surat suara ditandatangani oleh Ketua KPPS dan
b. tanda coblos hanya terdapat pada 1 (satu) kotak segi empat yang memuat satu Pasangan Calon; atau
c. tanda coblos terdapat dalam salah satu kotak segi empat yang memuat nomor, foto dan nama Pasangan Calon yang telah ditentukan, atau
d. tanda coblos lebih dari satu, tetapi masih di dalam salah satu kotak segi empat yang memuat nomor, foto dan nama Pasangan Calon; atau
e. tanda coblos terdapat pada salah satu garis kotak segi empat yang memuat nomor, foto dan nama Pasangan Calon."

Berdasarkan ayat itu, setiap tanda coblos yang tembus pada halaman sebaliknya akan menjadikan surat suara tersebut tidak sah.

Coblosan yang sah

Dalam Pemilu 2004 mendatang, untuk pemilihan anggota DPD dan DPRD, suara dinyatakan sah, adalah jika pemilih menusuk tanda gambar parpol dan nama caleg di bawahnya. Suara juga dinyatakan sah jika pemilih menusuk tanda gambar parpol saja. Sementara untuk pemilu anggota DPD, suara dinyatakan sah jika pemilih mencoblos kotak yang memuat nomor urut, foto, dan nama calon anggota DPD.

Menurut Ramlan, untuk membedakan surat suara yang dipergunakan, pada sisi depan surat suara yang dilipat terdapat penanda yang berbeda untuk pemilu anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Penanda surat suara pemilu anggota DPR berwarna biru muda. DPD hijau muda, DPRD provinsi oranye, dan DPRD kabupaten/kota coklat muda.

KPU juga menetapkan cara melipat surat suara, yaitu pola empat lipatan dan akordeon. "Cara melipat ini penting untuk menghindari surat suara tidak sah karena sobek atau rusak," kata Ramlan.



  • Subject yang memilih : Tuhan
Joh 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.
  • Object yang dipanggil dan dipilih : Kita

Mat 22:14 "Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

Ya, sebab banyak sekali yang dianggil

Bahkan semuanya dipanggil

Namun hanya sedikit yang dipilih

Yang dipanggil ada yang tidak datang

Mat 22:3 Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang.

Yang datang memenuhi undangan (panggilan) tidak semuanya terpilih, karena tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.


  • Validitas yang tidak terpilih :


1. Tidak berbuah

Joh 15:2(a) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya

Penyebab tidak berbuah :

a. Kuatir

Mat 13:22 Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.

b. Takut

Mat 25:25 Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan!

2. Suam-suam kuku

Rev 3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Ya dan tidak

Menjadikan Yesus sebagai juru selamat saja, dan tidak menjadikan Yesus sebagai Tuhan


Luk 13:26-27
(26) Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami.
(27) Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan!

Mat 7:22-23
(22) Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
(23) Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

3. Tidak berpakaian layak

Mat 22:11-13
(11) Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta.
(12) Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja.
(13) Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.

Tidak menjaga kekudusan

Rev 3:17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang

4. Tidak berjaga-jaga

Mat 25:3 Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak,

Mat 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.





with warm regards

No comments: