Friday, February 8, 2008

Checksum

Checksum

A value used to ensure data are stored or transmitted without error. It is created by calculating the binary values in a block of data using some algorithm and storing the results with the data. When the data are retrieved from memory or received at the other end of a network, a new checksum is computed and matched against the existing checksum. A non-match indicates an error.

Checksum adalah nilai data yang dipakai untuk verifikasi suatu data yang disimpan atau yang dikirim dan diterima dengan benar, tanpa ada kesalahan kirim, distorsi atau korupsi. Setelah data diterima atau dibaca ulang maka checksum dapat dihitung lagi dan dibandingkan dengan nila checksum semula, sebelum data disimpan atau dikirmkan. Bila ada perbedaan nilai, maka telah terjadi kesalahan, distorsi, korupsi selama penyimpanan atau pengiriman.

Kesalahan ini bisa disengaja atau tidak.

Untuk kasus yang disengaja, sebuah data atau program bisa dibajak dan dissipkan program atau kode jahat (virus trojan) oleh pihak ketiga. Pengubahan satu iota pun (satu titik) tetap akan menghasilkan nilai checksum yang berbeda dengan checksum original.

Secara teknis Anda bisa melihat cara perhitungan atau algoritma atau skema yang digunakan untuk menghitung nilai checsum ini pada link diatas.


Contoh :

Anda bisa download sebuah program free image editor Gimp disini
Perhatikan nama file dan nilai checksum yang diberikan


(klik untuk lihat detail)

Untuk melihat nilai checksum, silakan download dan intall aplikasi Hashtab shell extension disini

Kemudian setelah Anda selesai install shell Hashtab diatas, maka carilah file Gimp installer yang telah Anda download (gimp-2.4.4-i686-setup.exe).

Right-click pada file tersebut seperti dibawah ini



Dan pilih Properties



Kemudian pilih tab File Hashes



Shell extension Hashtab ini akan menghasilkan 3 jenis checksum (program ini didesain untuk menangani 3 jenis checksum yang sering digunakan) yaitu : CRC32, MD5, SHA-1

Copy - paste checksum MD5 yang disediakan oleh penyedia free program Gimp diatas (27ad334e26dd20cf01e97e639682b487) kedalam field Has Comparison



Hasilnya adalah Correct!

Checksum yang saya generate dengan Shell extension Hastab memiliki nilai yang sama dengan nilai checksum original yang dikeluarkan oleh penyedia (sumber).

Maka kesimpulannya : data (program) terkirim dengan benar dan sampai ditangan penerima, tidak mengalami distorsi ataupun korupsi selama penyimpanan dan perjalanan saat di download.



Demikian pula, Tuhan Yesus memberikan 'checksum original' kepada kita, yang datangnya dari Bapa

Joh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu

'Checksum original' memilik tugas :
  1. Mengingatkan kita (crosscheck, checking)
  2. Menghibur
  3. Mengajar
  4. Roh Kebenaran
  5. Roh Saksi
Joh 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Bapa telah memberikan FirmanNya kepada kita melalui para nabi bahkan melalui DiriNya sendiri yaitu Sang Putra (Sang Firman).

Roh Kudus akan mengingatkan kita tentang segala hal yang telah Tuhan Yesus ajarkan, untuk memastikan : FirmanNya sampai ke telinga dan hati kita dengan benar, tidak ada distorsi, tidak ada korupsi selama perjalanan ataupun penyimpanan diperjalanan maupun dihati.

Kekristenan adalah transmisi pesan, bukan transmisi text!

Hal ini bukan berarti text meimiliki kurang berarti.

'Pesan' yang saya maksudkan adalah : Firman Tuhan tidak mengenal batas bahasa!

Entah Ia disampaikan dalam bahasa Ibrani atau Yunani, maka Ia akan memiliki nilai keabsahan yang sama bila disampaikan dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Melayu, bahasa China, bahasa Jepang, bahasa Latin, bahasa Jerman, bahasa Inggris, bahasa Tagalog, bahasa Korea, bahasa Hindi, dan ribuan suku bahasa lainnya.

Itulah transmisi pesan.

Pesan akan sampai ke telinga dan hati pendengar dengan tepat karena didukung oleh sebuah 'Checksum Original' yang datangnya langsung dari Bapa Sang Sumber.

Bila terjadi pembajakan atau distorsi maka hal itu akan bisa dibongkar.


Ada tertulis :

Mat 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Namun kadang pesan diatas sampai ke telinga pendengar dengan bunyi demikian

Mat 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan pembenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Maka tidak heran bila banyak orang yang mengaku anak Tuhan namun masih memiliki kepahitan, amarah, dendam, percideraan, perseturuan dengan saudara sendiri, kakak, adik, mertua, menantu, anak, ipar, keponakan, boss, bawahan, rekan kerja, tetangga, dll.

Banyak diantara kita berkeluh kesah kepada Tuhan, mengadu kepada Tuhan bagaimana dirinya disakiti, dicerca, dihina karena Daud pun juga melakukan demikian

Banyak diantara kita yang membenci mertuanya atau menantunya karena memang Tuhan Yesus berfirman demikian

Mat 10:35 Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya

Sadarlah dan berjaga-jagalah...

Bapa telah memberikan 'Checksum' itu

Manfaatkanlah sebaik-baiknya, atau Anda akan menerima pesan yang telah dibajak oleh pihak ketiga dan berisi program jahat (trojan viruses) yang akan merusak seluruh program kerja dalam hidup anda, melenceng dari program yang telah dirancang oleh Sang Programmer Agung Bapa di Sorga.

Jer 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Anda baru akan terbebas dari virus trojan ini kalau Anda memiliki antivirus yang tepat dan benar yaitu Roh Kudus


Carilah kebenarannya, bukan pembenarannya atas segala tingkah langkah kita


else

Your drive must be formatted and you'll be lost of your data and properties



with warm regards

No comments: