Monday, February 18, 2008

Kambing hitam



Kambing hitam atau dalam bahasa Inggrisnya scapegoat adalah
  1. One that is made to bear the blame of others.


Harus ada seseorang yang dikorbankan untuk menanggung semua kesalahan orang lain!


Istilah scapegoat atau kambing hitam ini berasal dari kisah Perjanjian Lama sebagai berikut


[ITB](Lev 16:8) dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah undi bagi TUHAN dan sebuah bagi Azazel.



[Interlinear]Lev 16:8 ונתן5414 shall cast אהרן175 And Aaron על5921 upon שׁני8147 the two השׂעירם8163 goats; גרלות1486 lots גורל1486 lot אחד259 one ליהוה3068 for the LORD, וגורל1486 lot אחד259 and the other לעזאזל׃5799 for the scapegoat.


(Lev 16:10) Tetapi kambing jantan yang kena undi bagi Azazel haruslah ditempatkan hidup-hidup di hadapan TUHAN untuk mengadakan pendamaian, lalu dilepaskan bagi Azazel ke padang gurun.

(Lev 16:26) Maka orang yang melepaskan kambing jantan bagi Azazel itu harus mencuci pakaiannya, membasuh tubuhnya dengan air dan sesudah itu barulah boleh masuk ke perkemahan.


H5799
עזאזל
‛ăzâ'zêl
az-aw-zale'
From H5795 and H235; goat of departure; the scapegoat: - scapegoat.

H5795
עז
‛êz
aze
From H5810; a she goat (as strong), but masculine in plural (which also is used elliptically for goats' hair): - (she) goat, kid.

H235
אזל
'âzal
aw-zal'
A primitive root; to go away, hence to disappear: - fail, gad about, go to and fro [but in Eze_27:19 the word is rendered by many “from Uzal,” by others “yarn”], be gone (spent).



Lev 16:9-10
(9) Lalu Harun harus mempersembahkan kambing jantan yang kena undi bagi TUHAN itu dan mengolahnya sebagai korban penghapus dosa.
(10) Tetapi kambing jantan yang kena undi bagi Azazel haruslah ditempatkan hidup-hidup di hadapan TUHAN untuk mengadakan pendamaian, lalu dilepaskan bagi Azazel ke padang gurun.


Harun harus menyediakan 2 ekor kambing dengan peruntukan

  • Satu untuk Tuhan
Kambing yang kena undi dan menjadi bagian Tuhan, disembelih sebagai korban penghapus dosa dan darahnya dibawa masuk ke dalam Ruang Maha Kudus untuk mengadakan pendamaian (Lev 16:15)
  • Satunya lagi untuk Azazel
Lev 16:20-22
(20) Setelah selesai mengadakan pendamaian bagi tempat kudus dan Kemah Pertemuan serta mezbah, ia harus mempersembahkan kambing jantan yang masih hidup itu,
(21) dan Harun harus meletakkan kedua tangannya ke atas kepala kambing jantan yang hidup itu dan mengakui di atas kepala kambing itu segala kesalahan orang Israel dan segala pelanggaran mereka, apapun juga dosa mereka; ia harus menanggungkan semuanya itu ke atas kepala kambing jantan itu dan kemudian melepaskannya ke padang gurun dengan perantaraan seseorang yang sudah siap sedia untuk itu.
(22) Demikianlah kambing jantan itu harus mengangkut segala kesalahan Israel ke tanah yang tandus, dan kambing itu harus dilepaskan di padang gurun.

Kambing untuk Azazel (goat of departure - go away, hence to disappear ) adalah kambing yang dipakai sebagai 'kendaraan' penanggung segala beban dosa dan kesalahan , yang menanggung seorang diri tanpa ada yang mau menolong atau mempedulikan nasib dia. Dia berjalan seorang diri di padang gurun tandus. Karena sangat besar, berat dan kotor beban yang harus dipikul oleh kambing Azazel ini, maka setiap orang yang menyentuhnya ; orang yang mengantar atau mengirim kambing ini ke padang gurun harus segera membasuh diri sebelum kembali masuk ke perkemahan

Kambing Azazel segera dilepas ke padang gurun setelah Harun (imam besar) 'mengurapi' kepala kambing ini dengan segala dosa dan kesalahan bangsa Israel.



Sementara itu di padang gurun wilayah Yudea, ada seorang yang berdiri disungai Yordan. Dia 'mengurapi' kambing Azazel yang bernama Yesus.

Mat 3:13-15
(13) Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.
(14) Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
(15) Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.


Baptisan Yohanes adalah baptisan tanda pertobatan orang-orang berdosa (Mat 3:11).

Yesus datang sebagai Anak Manusia yang kudus tanpa dosa.

Namun Dia memerlukan baptisan pertobatan, sebab Dia adalah 'seekor kambing' Azazel yang menanggung seluruh dosa bangsa Israel (Lev 16:22) bahkan seluruh manusia di dunia.


Inilah kehendak Allah.

Dan dia siap di usir ke padang gurun sebagai kambing Azazel (Mat 4:1-11 )

Bila dalam masa PL, Harun (imam besar) harus menyediakan dua ekor kambing yang akan diundi untuk menjadi kambing Tuhan dan kambing Azazel, maka pada masa anugerah ini, Tuhan sendiri yang menyediakan dua ekor kambing bagi kita : sebagai kambing Azazel sekaligus sebagai kambing yang terundi buat Tuhan ; kambing korban penghapus dosa yang darahnya menjadi darah pendamaian bagi kita.


Mat 3:16-17
(16) Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
(17) lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Allah berkenan atas kambing Azazel dan kambing Tuhan ini...




with warm regards

No comments: