Tuesday, February 5, 2008

Chemical Reaction



Berikut beberapa definisi tentang : reaksi kimia (chemical reaction)

A chemical reaction is a process that always results in the interconversion of chemical substances.[1] The substance or substances initially involved in a chemical reaction are called reactants. Chemical reactions are usually characterized by a chemical change, and they yield one or more products which are, in general, different from the reactants. Classically, chemical reactions encompass changes that strictly involve the motion of electrons in the forming and breaking of chemical bonds, although the general concept of a chemical reaction, in particular the notion of a chemical equation, is applicable to transformations of elementary particles, as well as nuclear reactions.
e.q.

2 Na(s) + 2 HCl(aq) → 2 NaCl(aq) + H2(g)


This presentation attempts to illustrate the links between chemistry, the environment, multiphase reaction engineering, pollution prevention and sustainable development. The choice of process chemistry impacts not only the atom efficiency but also the degree of environmental damage caused by the manufacture of the choisen product. The execution of this chemistry requires multi-phase reaction engineering and, depending on the contacting scheme used, leads to different degrees of product yield, energy efficiency and formation of unwanted products. As a consequence, the number and type of separation units used and the recycling burden created is a function of the reactor choice and operating conditions. Clearly, understanding the principles of multiphase reaction engineering and their application are very important for proper execution of truly environmentally benign processes.


(chemistry) A change in which a substance (or substances) is changed into one or more new substances; there is only a minute change, Δm, in the mass of the system, given by ΔEmc2, where ΔE is the energy emitted or absorbed and c is the speed of light.


Tidak perlu dipikirkan secara mendalam bagaimana proses reaksi kimia diatas terjadi. Saya hanya akan menjelaskan apa yang saya beri warna merah diatas.

Lingkungan sistem sebuah reaksi kimia

Subsatansi zat disebelah kiri tanda panah persamaan kimia reaksi kimia diatas disebut reaktan, sedang substansi di sebelah kanan tanda panah disebut hasil reaksi.

Kedua buah persamaan diatas menghasilkan beberapa produk, dan salah satu produk yang dihasilkan memiliki rumus kimia yang sama yaitu NaCl (Natrium Clorida) alias garam dapur.


Sebaliknya, dua buah reaktan yang sama belum tentu menghasilkan produk yang sama bila lingkungan sistem reaksi yang yang diberikan berbeda.

Misal

Sel sperma pria mengandung kromosom x dan y, sedang sel telur wanita mengandung kromosom x.

Jenis kelamin janin ditentukan oleh kromosom sel sperma.

Bila kromosom x sperma yang berhasil membuahi sel telur x, maka akan dihasilkan sel janin dengan susunan kromosom xx : ini adalah jenis kelamin wanita

Bila kromosom y sperma yang berhasil membuahi sel telur x, maka akan dihasilkan sel janin dengan susunan kromosom xy : ini adalah jenis kelamin wanita

Reaktan kromosom xx dan xy akan menghasilkan jenis kelamin yang berbeda bila lingkungan sistem nya berbeda : asam atau basa

Kromosom x tidak bisa bertahan dalam lingkungan basa (alkalis), sedang kromosom y tidak bisa bertahan dalam lingkungan asam

Atau dengan kata lain :

Kromosom x membutuhkan lingkungan asam, sedang kromosom y membutuhkan lingkungan basa.


Misal

Logam besi (Fe) akan mengalami reaksi yang berbeda bila berada dalam lingkungan sistem asam, basa atau netral. Lingkungan ini menentukan hasil reaksi besi (Fe) dengan lingkungan dan menghasilkan karat.

Reaktan yang sama akan menghasilkan produk yang berbeda, bila dipengaruhi oleh lingkungan yang berbeda pula!


Demikian pula, setiap sikap, perkataan, tindakan kita bisa memberi dampak yang berbeda terhadap orang-orang disekitar kita, tergantung dari 'sistem lingkungan' yang ada.

Bagi orang lain, sikap, perkataan, tindakan kita bisa menjadi : berkat atau kutuk buat mereka!

Berkat, pasti semua orang mengingininya.

Kutuk?

Pasti semua orang akan menghindarinya.

Sikap, tindakan, perbuatan dan perkataan kita yang kita harapkan membawa dampak berkat bagi seseorang bisa berubah dan berbalik menjadi kutuk bagi orang tersebut.

Semua ini dipengaruhi oleh 'sistem lingkungan' yang ada.

Pernahkah Anda ketika pada suatu ketika memuji seseorang (dalam arti tulus), orang yang bersangkutan malah menjadi tersinggung?

Hal-hal seperti itulah yang saya maksud.

Berkat berubah menjadi kutuk!











Sebuah kekacauan reaksi kimia yang sama dibuat oleh Mr. Bean!

Kita memang tidak tahu persis apa yang sedang dialami dan dirasakan oleh seseorang, namun ketika seseorang sedang berada dalam krisis masalah, pasti semuanya bisa serba salah.

Namun bila kita masuk kedalam 'sistem lingkungan' yang tepat, maka pasti hasil akan benar dan tepat juga.

Masuklah dalam sistem lingkungan itu.

Psa 95:6 Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.

Psa 96:8 Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya!


Psa 100:4 Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya!


Masuk dan tinggalah dalam hadiratNya

Itulah lingkungan yang tepat untuk menghasilkan reaksi yang benar dan tepat : dimata Tuhan, sebab itulah yang dikehendaki Tuhan.

Ketika hadirat Tuhan ada,

Disanalah terang ada, maka kegelapan pun akan menyingkir dengan sendirinya

Kegelapan adalah sebuah kondisi dimana tidak ada hadirat kuasa terang

Nyatakan kuasa itu dalam hidupmu

1Co 4:20 Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa.

Rom 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus

Ketika kita tinggal dalam hadiratNya, maka hadirat Tuhan akan mengubah lingkungan yang ada menjadi lingkungan yang dikehendaki Tuhan sendiri.

Segala bentuk kuasa kegelapan akan menyingkir : sakit hati, amarah, dendam, kebencian, kutuk dan teman-temannya.

Sebaliknya, bila seseorang melepas kutuk kepada anda, maka hadirat Tuhan yang anda bawa akan mengubah kutuk itu menjadi berkat bagi anda.

Neh 13:2 ...tetapi Allah kami mengubah kutuk itu menjadi berkat.

Masuklah dan tinggallah dalam hadirat Tuhan serta bawalah kedalam keseluruhan hidupmu, maka hidupmu akan benar-benar menjadi berkat bagi siapapun juga.



with warm regards

No comments: