Thursday, January 24, 2008

Ayam goreng Mbok Sabar



Bondan Winarno :
...
Dalam kuliner Jawa, biasanya yang dibacem adalah tempe dan tahu. Tetapi, sesuai dengan tingkat kemakmuran orang Jawa, kemudian ayam dan bebek pun ikut dibacem. Kalau Anda pernah kesengsem dengan ayam goreng “Mbok Sabar” di Yogya, itu adalah ayam yang sudah dibacem dulu sebelum digoreng. Di Delanggu – antara Yogya dan Solo – juga ada penjual bebek bacem goreng yang sangat terkenal.
...


AYAM GORENG MBOK SABAR Jl. Magelang ,Tel. 0274-868035



Gambar diatas adalah figur dari seorang : mbok, simbok, embok, mbok-mbok (pl)

Mbok adalah istilah untuk kata 'ibu' dalam Java programming language

Ayam goreng 'Mbok Sabar' ...

Mbok Sabar

Kata atau kalimat ini memiliki (tepatnya : saya batasi) dua pengertian :

1. Seorang Ibu (mbok) yang bernama Sabar

2. Mbok sabar itu dalam bahasa Indonesia memiliki pengertian :

bersabarlah
harap sabar
harus sabar
...
please be patient


Kesabaran adalah sesuatu yang langka dan mahal

Belakangan ini saya dan istri sering kewalahan menghadapi anak kami yang baru saja berusia 2.5 tahun.

Kerewelannya
Kenakalannya
Keinginannya
dll

Kami benar-benar sampai dibuat 'stress', meskipun kami tahu bahwa hal ini adalah suatu kewajaran dari sebuah proses pembelajaran, pendewasaan, pertumbuhan atas segala aspek bagi anak ini (tentunya aspek kedewasaan orang tua juga).

Dalam doa sepanjang perjalanan saya menuju KM (Komsel Messianik - PD/FA) kemaren malam, saya bertanya kepada Tuhan :

"Tuhan, mengapa anak kami begitu ..." sebagai bentuk 'protes' saya kepada Tuhan.

Tuhan menjawab saat itu juga (dan jawaban ini ternyata juga menjadi sebuah jawaban bagi 2 anggota KM kami yang sedang dalam pergumulan.

"Mengapa kamu tidak sabar terhadap anakmu?"

"Bukankah Aku adalah Bapa yang sabar kepadamu, anak Ku?"

"Bukankah Aku adalah Bapa yang sabar atas segala pemberontakanmu, anak Ku?"

"Bukankah Aku adalah Bapa yang sabar terhadap segala pemberontakan umatKu?"


Say terdiam dan merenung

Ya,

Saya baru menyadari seberapa besar pemberontakan yang telah saya lakukan selama ini, sampai saya harus diremukkan dan mencapai titik terendah (minus) dalam kehidupan saya pada tahun 2003 yang lalu.

Bagaimana saya telah memberontak terhadap rancangan Tuhan...

Dia adalah Bapa yang sabar dan setia

Ketika saya gagal dibentuk di suatu tempat untuk menjadi sesuatu,maka Dia membentuk saya ditempat lain untuk tujuan lain.

Satu hal yang harus aku sadari adalah : aku harus taat dan setia atau aku akan dibuang oleh Sang Tukang Periuk Agung (Great Potter Hand) (Jer 18:3-6)

Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya. (4)

Apa yang kami hadapi belumlah seberapa dengan apa yang dihadapi oleh orang tua yang memilik anak dengan 'kelainan' :

Saya batasi 3 hal saja

1. Autisme
Autisme menyebabkan sang anak hidup dalam dunianya sendiri

"A developmental disorder that appears in children before the age of 3 that is characterized by communication, behavioral, and sensory impairments, including the inability to interact with others in a socially acceptable manner. The condition is not directly linked to oral health, but may require a special approach when teaching dental care".

2. ADHD

"Definition

Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) is a developmental disorder characterized by distractibility, hyperactivity, impulsive behaviors, and the inability to remain focused on tasks or activities.

Description

ADHD, also known as hyperkinetic disorder (HKD) outside of the United States, is estimated to affect 3-9% of children, and afflicts boys more often than girls. Although difficult to assess in infancy and toddlerhood, signs of ADHD may begin to appear as early as age two or three, but the symptom picture changes as adolescence approaches. Many symptoms, particularly hyperactivity, diminish in early adulthood, but impulsivity and inattention problems remain with up to 50% of ADHD individuals throughout their adult life."


3. Anak berbakat

Dalam kelompok ini, sang anak memiliki percepatan bakat ada usia dini, namun pada sisi lain dia mengalami keterlambatan pertumbhan dan perkembangan.

Anda bisa cek pada pakar nya : Julia Maria van Tiel

Pada keseluruhan diatas, orang tua harus memiliki ekstra kesabaran, sampai-sampai disarankah : bila kamu kurang sabar atau kehilangan kesabaran, maka belilah pil sabar di mbok sabar ...


Ya,
Sebuah kesabaran

Bukankah Bapa itu sabar?

Sampai kapankah kita akan memberontak kepada Bapa?

Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya (Exo 34:6 )

...Janganlah membiarkan aku diambil, karena panjang sabar-Mu, ketahuilah bagaimana aku menanggung celaan oleh karena Engkau! (
Jer 15:15 )


Namun kesabaran Tuhan tetap ada batasnya, yaitu ketika kita tidak mau dibentuk ...

maka Aku akan melenyapkan orang Israel dari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, dan rumah yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku itu, akan Kubuang dari hadapan-Ku, maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa. (
1Ki 9:7 )

Apabila bangsa ini--baik nabi ataupun imam--bertanya kepadamu: Apakah Sabda yang dibebankan oleh TUHAN?, maka jawablah mereka: Kamulah beban itu! Sebab itu kamu akan Kubuang dari hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN. (Jer 23:33 )


Bagaimanakah agar kita tidak terbuang?

Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa. (
1Jn 2:24 )

Bila kita tinggal di dalam Anak, maka :

Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. (
Joh 6:37 )


Sebuah ketaatan ...

Mat 10:32-33
(32) "Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga.
(33) Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga."

Sebuah kesetiaan ...

... Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. (Rev 2:10)

Tetap taat dan setia dalam rancangan-rancanganNya


with warm regards

No comments: