Monday, January 21, 2008

Best Portion

Luk 10:42 tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

Luk 10:42 ἑνὸς δέ ἐστιν χρεία· Μαριὰμ γὰρ τὴν ἀγαθὴν μερίδα ἐξελέξατο ἥτις οὐκ ἀφαιρεθήσεται αὐτῆς.


Luk 10:42 enos de estin xreia: mariam gar ton agathon merida exelexato etis ouk afairethesetai autos.





G1586
ἐκλέγομαι
eklegomai
ek-leg'-om-ahee
Middle voice from G1537 and G3004 (in its primary sense); to select: - make choice, choose (out), chosen.


G18
ἀγαθός
agathos
ag-ath-os'
A primary word; “good” (in any sense, often as noun): - benefit, good (-s, things), well. Compare G2570.


G3310
μερίς
meris
mer-ece'
Feminine of G3313; a portion, that is, province, share or (abstractly) participation: - part (X -akers).

Maria telah mengambil bagian yang baik (good portion - good participation) dalam kerajaan Allah.

Dia lebih memilih duduk bersimpuh di kaki Tuhan Yesus

... Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya (Luk 10:39 )

Dia mendengarkan sabda Tuhan

Sebab manusia itu hidup tidak hanya makan roti dan daging saja, tetapi dari setiap perkataan [sabda/firman] yang keluar dari mulut Tuhan.

"...Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." (Mat 4:4 )

Dan bagian terbaik itu tidak akan dambil daripadanya

"...yang tidak akan diambil dari padanya." ( Luk 10:42)

Sedangkan Marta, saudaranya mengambil bagian lain

sedang Marta sibuk sekali melayani (Luk 10:40 )





Bapak ini usianya saya perkirakan diatas 60 tahun.
Namun demikian beliau sangat tekun mengikuti kotbah hamba Tuhan sambil sekali-sekali mencatat di buku kecilnya.



Demikian juga bapak yang satu ini, beliau sesekali mencatat point-point yang menurut dia penting dari kotbah seorang hamba Tuhan.



Nenek yang satu ini juga tidak kalah semangatnya!

Usia saya perkirakan sekitar 70 tahun, namun dia sangat tekun dan teliti serta rapi!
Beliau mencatat banyak hal dari kotbah hamba Tuhan hari itu.
Beliau mencatat pada buku tulis yang saya pastikan itu adalah buku tulis yang sempat jaya pada masanya : buku merang!

Itu adalah sebutan buku tulis berwarna putih kecoklatan dengan sampul ungu tua.
Mungkin saat ini sudah tidak beredar lagi. Waktu ospek kuliah dulu, saya dikasih tugas mengumpulkan buku jenis ini.
Alamak...syusyahnya nyari....

Saya tidak sempat mengambil foto saat dia mencatat, karena saya ada disampingnya. Risi :D.
Foto itu saya ambil sewaktu saya mau pergi.

Oya, disamping nenek tua itu adalah Tracy Trinita
(saya sudah pastikan bahwa dia adalah benar-benar Tracy, soale saya sempat tanya : Mbak Tracy kan? :) Dia nya menjawab : Iya , sambil senyum)




They all take their best portion...


Namun tidaklah semua orang mengambil bagian terbaik seperti Maria

Sebab ada juga Marta-marta lain disana

Yang sibuk ...



Ada yan sibuk ...



Ada juga yang sibuk ...



...entah karena belum keramas atau sekedar membelai-belai rambut teringat enaknya creambath kemaren sore

Lastly ...ada juga yang...




Have we take our best portion...?



with warm regards

No comments: