Saturday, January 19, 2008

This Very Rock

Tulisan ini pasti akan memancing perdebatan : pro - kontra

Tetapi sekirannya memang Anda memiliki pandangan yang berbeda, hadapi dengan bijak


Sepanjang narasi keempat Injil, saya menemukan (cmiiw) tiga kali saja penggunaan nama 'Petrus/Peter/Kefas' oleh Yesus :

Yaitu :

1. Joh 1:42
2. Mat 16:18
3. Luk 22:34

Dua pertama untuk sebuah pemberian nama , bukan dalam sebuah percakapan langsung

Joh 1:42 Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."


Mat 16:15-20
(15) Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
(16) Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
(17) Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
(18) Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
(19) Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."
(20) Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.

Yesus memakai kata 'Peter/Petrus/Kefas' dan tercatat hanya satu kali Yesus menyebut Simon sebagai Petrus sebagai sebuah nama dalam percakapan langsung (direct conversation):


Luk 22:34 And he said, I tell thee, Peter, the cock shall not crow this day, before that thou shalt thrice deny that thou knowest me.

Bila diperhatikan dengan seksama, timbul pertanyaan :

Mengapa justru dalam kondisi dimana Simon akan menyangkal Tuhan Yesus, Tuhan Yesus justru menyebut Simon dengan nama : Petrus !

Bukankah itu suatu peringatan bagi Simon agar Simon sadar siapakah dirinya sesungguhnya?

Tidakkah sebelumnya Yesus memberi nama Simon dengan Petrus ketika Simon sanggup melihat dengan imannya bahwa Yesus adalah Sang Mesias Anak Allah yang Mahatinggi? (Matius 16:16)

Simon sanggup melihat ketika yang lain tidak sangup melihat hal itu!

Sebaliknya, sebuah kontras terjadi ketika Yesus memberi misi kepada Simon.

Tuhan Yesus tidak menyebut Simon sebagai Petrus, namun tetap Simon.

Joh 21:15 So when they had dined, Jesus saith to Simon Peter, Simon, son of Jona, lovest thou me more than these? He saith unto him, Yea, Lord; thou knowest that I love thee. He saith unto him, Feed my lambs

Adakah perbedaan makna atas dua buah nama ini?

Jelas ada, sebab bila tidak ada pembedaan, maka Yesus tidak perlu memberi nama Simon dengan Petrus (Kefas - Aram)

Baca Ketika Simon kehilangan Petrus

Jadi, apakah alasan sesungguhnya mengapa Yesus memberi nama Simon dengan Petrus/Peter/Kefas adalah deklarasi iman Simon kepada Yesus :

Thou art the Christ, the Son of the living God!


Kembali kepada ayat ini :

Joh 1:42 Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

Yesus dengan jelas mengatakan : " engkau akan dinamakan Kefas"

Ini berarti ada suatu masa dimana Simon akan menyandang nama :'Peter/Petrus/Kefas'

Dan

Ada suatu masa dimana Simon ini belum menyandangnya
Ada suatu masa dimana Simon ini tidak menyandangnya
Ada suatu masa dimana Simon ini kehilangan sandangannya

...the rock...

Atribut 'Peter/Petrus/Kefas' ini tidak bisa dilepaskan dengan deklarasi iman sebelumnya.

Maka kisah di Lukas 22:34 adalah suatu tragedy atas kisah Matius 16:16-18 !

Baru setelah para rasul - termasuk Simon - memperoleh kuasa setelah menerima pencurahan Roh Kudus pada hari raya Pentakosta, maka pemulihan dan proses pembentukan karakter Simon menjadi Petrus dimulai (Kis 1-2).

Act 2:14 Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.

Bahkan dalam Kisah 10, Tuhan telah memakai nama : Petrus

Act 10:13 Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: "Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!"

Paulus secara konsisten menyebut Simon Petrus dengan sebutan Kefas (1Co_1:12; 1Co_3:22; 1Co_9:5; 1Co_15:5; Gal_1:18; Gal_2:9; Gal_2:11; Gal_2:14)


Sekarang mari kembali kepada ayat yang akan selalu menjadi sumber perdebatan : Matius 16:18

1. Petros X petram

Mat 16:18 κἀγὼ δέ σοι λέγω ὅτι σὺ εἶ Πέτρος καὶ ἐπὶ ταύτῃ τῇ πέτρᾳ οἰκοδομήσω μου τὴν ἐκκλησίαν, καὶ πύλαι ᾅδου οὐ κατισχύσουσιν αὐτῆς.


G4074
Πέτρος
Petros
pet'-ros
Apparently a primary word; a (piece of) rock (larger than G3037); as a name, Petrus, an apostle: - Peter, rock. Compare G2786.

G4073
πέτρα
petra
pet'-ra
Feminine of the same as G4074; a (mass of) rock (literally or figuratively): - rock.

Kitab PB yang kita miliki tertulis dalam bahasa Yunani.

Bila ada klaim bahwa kitab PB - terutama keempat Injil - maka klaim itu kurang didukung oleh data yang akurat, terutama dari sisi peninggalan teks (manuskrip) tersebut. Bila hanya didasarkan pada penggunaan beberapa istilah bahasa Aram, maka kurang valid.

Dalam bahasa Aram (Peshita), narasi diatas berbunyi demikian :

Mat 16:18 AP ANA AMR ANA LK DANT HW KAPA WEL HDA KAPA ABNYH LEDTY WTREA D$YWL LA NXSNWNH

Bila pada penulisan Yunani, maka ada pembedaan antara : 'Petros' dengan 'Petra'

Bahkan dalam bahasa Latin (bahasa resmi Vatikan) ditulis demikian:

Mat 16:18 et ego dico tibi quia tu es Petrus et super hanc petram aedificabo ecclesiam meam et portae inferi non praevalebunt adversum eam

'Petrus' diperhadapkan dengan 'Petram'

petrus:

petr.us N 2 1 NOM S M
Petrus, Petri N (2nd) M [EEXBX] Later
Peter;

petram:

petr.am N 1 1 ACC S F
petra, petrae N (1st) F [XXXCO]
rock, boulder; shaped stone as used in building;

Petros/Petrus : Masculine (M)
Petra/Petram : Feminine (F)

Lain hal nya dengan bahasa Aram - tidak ada perbedaan : Kapa

Baik bahasa Yunani maupun Latin, masing-masing menggunakan kata yang berbeda berdasar gender (M/F).

Maka, bila hal itu mau merujuk ke hal yang sama - Petrus/Petros/Peter, mengapa harus ada pemilihan kata yang berbeda?

Apakah sekedar alasan kaidah bahasa?

Saya rasa tidak...

Galilea adalah daerah asal Tuhan Yesus dan Petrus serta murid-murid yan lain (Mat 26:69)

Mat 4:15 "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain

Galilea adalah wilayah bangsa-bangsa, wilayah multi nasional, multi kultural, multi bahasa : Yuani - Latin - Aram

Namun bahasa Yunani adalah bahasa lingua franca saat itu...

Sehingga penulisan kitab PB akan lebih condong menggunakan bahasa Yunani pada manuskrip aslinya.

2. Ekklesia X Chuch (Gereja)

Church atau gereja , tidak diambil dari kata ekklesia.

Ekklesia sudah dipakai dalam LXX sekitar 300 tahun sebelumnya, untuk menyebut konggregasi atau jemaat Yahudi.

Apakah makna kata ecclesia dalam PB dan PL bebeda?

Tidak, kata itu tetap memiliki makna yang sama.

Bahasa Latin secara konsisten mentrasnslate sebagai 'Ecclesiam'

Uniknya, DRB (Douay-Rheims Bible 1899 - English Catholic), baik dalam PB maupun PL menggunakan kata yang sama : church

Num 19:20 If any man be not expiated after this rite, his soul shall perish out of the midst of the church: because he hath profaned the sanctuary of the Lord, and was not sprinkled with the water of purification.

(Num_19:20; Num_20:4; Deu_23:1; Deu_23:2; Deu_23:3; Deu_23:8; Neh_13:1; Psa_22:22; Psa_22:25; Psa_35:18; Psa_40:9; Psa_89:5; Psa_107:32; Psa_149:1; Pro_5:14; Lam_1:10; Joe_2:16)

Ini juga merupakan sebuah konsistensi!

Pertanyaannya : gereja (church) seperti apakah yang ada di dalam masa PL?

Satu-satunya kesamaan adalah : adanya kumpulan jemaat!

3. Alam maut tidak akan menguasainya

Alam maut adalah alam roh.
Maut adalah kematian.
Alam maut berarti alam kematian.

Maka yang hendak Yesus sampaikan adalah : spritual matter - alam rohani.

Bukan alam fisik - not phisic matter.

Keduanya berbeda teritoral.

Apakah Yesus berbicara gereja secara organisasi dan bangunan?

Tidak, sebab keduanya adalah materi fisik.

Berarti yang hendak dikalahkan dan dikuasai oleh alam maut adalah roh.

Apakah roh manusia Yesus?

Ya - sebagai jawaban atas salah satunya (1Ti 6:16, 2Ti 1:10)

Yesus adalah buah sulung kebangkitan, maut tidak sanggup menahannya di alam maut.

Maut juga tidak akan sangup menahan roh-roh manusia yang percaya dan memiliki kesaksian Yesus :

Rom 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Mengaku dan percaya seperti apa?

Rom 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Bandingkan dengan deklarasi Simon ini :

Mat 16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Tepat, sebuah kesamaan deklarasi iman!

Rom 6:3-4
(3) Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
(4) Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Yesus hendak mendirikan ecclesia nya diatas petra/petram, yaitu diatas petros-petros.

Anda dan sayalah petors-petros itu... yang memiliki deklarasi iman seperti Simon bar Jonah ...

Apakah Yesus berbicara tentang gereja sebagai tubuh Kristus?

Tidak

Sebab Anda dan sayalah tubuh-tubuh Kristus itu
Sebab Anda dan sayalah bait-bait Roh Kudus itu

Bila Anda dan saya, tidak memiliki deklarasi seperti Petrus diatas, maka binasalah tubuh-tubuh itu.

Namun

Bila Anda dan saya memiliki deklarasi iman seperti Petrus, maka alam maut tidak sanggup menahan dan menguasai ecclesia itu

Kristus lah Sang Batu Karang (the very Rock)

dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus. (1Co 10:4 )

Dan Kristus lah batu penjuru itu (foundation stone) (1Pe 2:6-7)

Act 4:11 Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan--yaitu kamu sendiri--,namun ia telah menjadi batu penjuru.

Kristuslah Dasar atau pondasi bangunan itu sendiri

1Co 3:11 Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.

Disanalah kita harus membangun ...

Mat 7:24 "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.

4. Kunci

Saya sudah pernah membahasnya disini

5. Sorga X Kerajaan Sorga

Mat 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga

Adakah perbedaan Sorga dan Kerajaan Sorga?

Ya, ada.

Sorga adalah Kemah Allah tempat Allah bertahta (Wahyu 4)

Kerajaan Sorga adalah :

Rom 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

1Co 4:20 Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa.

Bahkan terlebih dari itu, kita bukan sekedar pemegang kunci, namun sekaligus pemilik kerajaan Sorga itu ...

Mat 5:3 "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

Asalkan, kita mau bersikap miskin dihadapan Allah, buka miskin dihadapan manusia.

Miskin adalah hidup yang berkekurangan ...

Berkekurangan selalu membutuhkan ...

Miskin dihadapan Allah, berarti berkekurangan dihadapan Allah, yang berarti kita memiliki sikap selalu membutuhkan Allah ...

Adakah Yesus bermaksud lain ketika menyebut 'Kerajaan Sorga (Allah)' dalam seluruh percakapannya?

Adakah ia selalu merujuk ke hal yang sama ataukah hal yang berbeda-beda?


Who is the rock?



with warm regards

1 comment:

Bambang said...

Read and search all other discussion about this :

http://www.speroforum.com/forum/topic.asp?TOPIC_ID=5583