Wednesday, January 9, 2008

Photosynthesis




"Photosynthesis is the process of converting light energy to chemical energy and storing it in the bonds of sugar. This process occurs in plants and some algae (Kingdom Protista). Plants need only light energy, CO2, and H2O to make sugar. The process of photosynthesis takes place in the chloroplasts, specifically using chlorophyll, the green pigment involved in photosynthesis. "

"Fotosintesis adalah proses pengubahan energi cahaya menjadi energi kimia dan menyimpannya dalam bentuk ikatan gula. Proses ini terjadi pada tumbuh-tumbuhan dan beberapa jenis alga (Kingdom Protista). Tumbuh-tumbuhan hanya membutuhkan energi cahaya, CO2 (karbon dioksida), dan H2O (hydrogen dioksida, air) untuk membuat gula. Proses fotosintesis terjadi pada bagian kloroplas, khususnya dengan menggunakan klorofil, zat pigmen hijau."


Kalo ndak salah waktu eSDe dulu sudah mulai diberikan pelajaran tentang fotosintesis ini deh ..., tanaman itu sangat membutuhkan cahaya matahari untuk poses ini.

Prosesnya kurang lebih seperti ini





A commonly used but slightly simplified equation for photosynthesis is:

6 CO2(gas) + 12 H2O(liquid) + photons C6H12O6(aqueous) + 6 O2(gas) + 6 H2O(liquid)
carbon dioxide + water + light energyglucose + oxygen + water


Prosesnya terjadi disini




"In physics, the photon is the elementary particle responsible for electromagnetic phenomena. It is the carrier of electromagnetic radiation of all wavelengths, including gamma rays, X-rays, ultraviolet light, visible light, infrared light, microwaves, and radio waves "


"Dalam fisika, foton adalah partikel dasar yang bertanggung jawab atas fenomena elektromagnetis. Ia adalah pembawa radiasi elektromagnetis dari semua gelombang, termasuk sinar gamma, sinar X, cahaya ultraviolet, cahaya nampak - yang kita lihat sehari-hari, cahaya infra merah, gelombang micro dan gelombang radio "


Kesimpulannya adalah : cahaya matahari sangat mutlak dibutuhkan!



Something goes wrong here ...?


Gen 1:11-13
(11) Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian.
(12) Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
(13) Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.

Seluruh tanaman dijadikan Allah pada hari ketiga

Sementara itu

Matahari dijadikan Allah pada hari keempat !

Secara sekuensial (urutan), maka tanaman diciptakan sebelum matahari.

Gen 1:14-19
(14) Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
(15) dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi." Dan jadilah demikian.
(16) Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.
(17) Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,
(18) dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
(19) Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

Terus bagaimana kelangsungan hidup tanaman?
Bukankah tanaman itu memerlukan cahaya matahai untuk proses fotosintesis, seperti diagram diatas?

Bila dipahami baik-baik penjelasan diatas, tanaman sesungguhnya 'tidak memerlukan cahaya matahari' namun lebih kepada 'photon-photon' itu sendiri.

Terus dari manakah datangnya energi photon sebelum matahari diciptakan?

Jawabnya : Allah sendiri


Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.(Gen 1:3 )

Bahkan dalam dunia baru nanti pun (langit dan bumi baru - Rev 21:1), tanaman tetap hidup tanpa cahaya matahari, sebab energi tadi bersumber pada kemuliaan Alah sendiri.

Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya. (Rev 21:23 )

Allah adalah Sumber

Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. (1Pe 5:10 )

Takut akan Tuhan adalah Sumber

Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut. (Pro 14:27 )

Dan Yesus lah Pokok Kehidupan yang merupakan Sumber Kehidupan itu

"Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. "(Joh 15:1 )

"Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa." (Joh 15:5 )



with warm regards

No comments: