Friday, January 18, 2008

Yesus - Yoshua

Ini adalah perenungan saya sejak lama ...along time ago ...


Mengapa Juruselamat kita , diberi nama bukan sebuah nama yang spesifik, dimana belum atau tidak ada yang belum pernah memakai nama itu sebelumnya


Mengapa saya katakan demikian?


Hal ini karena nama Yesus sendiri :

G2424
Ἰησοῦς
Iēsous
ee-ay-sooce'
Of Hebrew origin [H3091]; Jesus (that is, Jehoshua), the name of our Lord and two (three) other Israelites: - Jesus.


Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." (Mat 1:21 - ITB)

And she shall bear BEN (Son) and you will call SHMO (his name, Zech 6:12) YEHOSHUA (Zech 6:11-12) because he will bring his people yeshuah (rescue, salvation, deliverance) from their peyshaim (rebellions).(Mat 1:21 - OJBC)

Adalah Tuhan (YHWH) yang menyelamatkan


Sementara itu, jauh sebelum Yesus lahir, nama yang memiliki arti yang sama telah dipakai oleh Yosua

"Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu. (Jos 1:2 )

____________________________________________________________________
H3091
יהושׁע יהושׁוּע
yehôshûa‛ yehôshûa‛
yeh-ho-shoo'-ah, yeh-ho-shoo'-ah
From H3068 and H3467; Jehovah-saved; Jehoshua (that is, Joshua), the Jewish leader: - Jehoshua, Jehoshuah, Joshua. Compare H1954, H3442.

H3068
יהוה
yehôvâh
yeh-ho-vaw'
From H1961; (the) self Existent or eternal; Jehovah, Jewish national name of God: - Jehovah, the Lord. Compare H3050, H3069.


H3467
ישׁע
yâsha‛
yaw-shah'
A primitive root; properly to be open, wide or free, that is, (by implication) to be safe; causatively to free or succor: - X at all, avenging, defend, deliver (-er), help, preserve, rescue, be safe, bring (having) salvation, save (-iour), get victory.


H3442
ישׁוּע
yêshûa‛
yah-shoo'-ah
For H3091; he will save; Jeshua, the name of two Israelites, also of a place in Palestine: - Jeshua.

H1954
הושׁע
hôshêa‛
ho-shay'-ah
From H3467; deliverer; Hoshea, the name of five Israelites: - Hosea, Hoshea, Oshea.
____________________________________________________________________

Sewaktu saya belum tahu bahwa Yesus = Yeshua=Yehoshua=Yehova Shua = Tuhan yang menyelamatkan, maka nama Yesus adalah spesifik.

Namun setelah mengetahui bahwa nama Yesus berasal dari transliterasi Ἰησοῦς dalam aksara Yunani kedalam aksara Latin , sedangkan Ἰησοῦς sendiri berasal dari transliterasi aksara Ibrani ke dalam aksara Yunani : יהושׁע יהושׁוּע (yehôshûa‛ yehôshûa‛)

Maka nilai spesifik tadi menjadi hilang, not used at first time anymore

Why?

...

Jawaban ini saya peroleh saat doa pagi, tadi pagi ...

Mungkin Anda sudah mengetahui hal ini seelumnya, its ok

Mungkin Anda belum mengetahui hal ini

I share it with you

Sebenarnya ini adalah lanjutan dari tulisan blog sebelumnya : Musa - Yesus

Yoshua adalah abdi Musa yang didaulat Tuhan untuk menggantikan tugas Musa - karena Musa 'gagal' mengemban misi dari Tuhan untuk membawa (deliver out of completely) bangsa Israel keluar dari Mesir dan memasuki tanah perjanjian Kanaan yang disebelah barat sungai Yordan.

Musa tidak taat, dia menyalahgunakan otoritas yang diberikan kepadanya sehingga dia sendiri ditolak Tuhan untuk memasuki tanah Perjanjian.

Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun: "Karena kamu tidak percaya kepada-Ku dan tidak menghormati kekudusan-Ku di depan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka." (Num 20:12 )

Tugas itu diserahkan kepada Yoshua

"Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu. (Jos 1:2 )

Yoshua deliver out of and deliver into, completely

Deliver out of bondage
Deliver into Canaan - the promise land

Kunci :

Yoshua

1. Ketaatan Yoshua

Yoshua taat dan beketetapan hati untuk tetap setia dengan Taurat Tuhan

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. (Jos 1:8 )

Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!" (Jos 24:15 )

Yoshua (dan Kaleb) taat dan setia atas penyertaan Tuhan ketika Musa dan segenap bangsa Israel lainnya tidak taat

Num 14:6-9
(6) Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya,
(7) dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya.
(8) Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.
(9) Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."

2. 'Pengikut' Yoshua, malkukan sunat massal sebelum memasuki tanah perjanjian

Jos 5:2-4
(2) Pada waktu itu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Buatlah pisau dari batu dan sunatlah lagi orang Israel itu, untuk kedua kalinya."
(3) Lalu Yosua membuat pisau dari batu dan disunatnyalah orang Israel itu di Bukit Kulit Khatan.
(4) Inilah sebabnya Yosua menyunat mereka: semua orang yang keluar dari Mesir, yakni yang laki-laki, semua prajurit, telah mati di padang gurun di tengah jalan, setelah mereka keluar dari Mesir.

3. Yoshua membawa bangsa Israel masuk, menyeberangi sungai Yordan, menuju Tanah Perjanjian (deliver out of , deliver into - God Saved, Tuhan yang menyelamatkan)

Ketika seluruh bangsa itu selesai menyeberang, maka menyeberanglah tabut TUHAN itu serta para imam di depan mata bangsa itu. (Jos 4:11 )

4. Ada dua setengah suku yang tidak taat dan tidak mau menyeberangi sungai Yordan

Mereka merasa lebih aman dan nyaman disana, disebelah timur sungai Yordan

Num 34:14-15
(14) Sebab suku bani Ruben menurut puak-puak mereka dan suku bani Gad menurut puak-puak mereka telah menerima milik pusakanya; juga suku Manasye yang setengah itu telah menerimanya.
(15) Dua setengah suku itu telah menerima milik pusaka mereka di seberang sungai Yordan di dekat Yerikho, ke sebelah timur."

5. Roh Allah ada pada Yoshua

Namun Yoshua hanya memperoleh sebagian saja, sebab ia hanya melanjutkan atau merampungkan sebagian misi yang diemban Musa yang belum tuntas

dan berilah dia sebagian dari kewibawaanmu, supaya segenap umat Israel mendengarkan dia. (
Num 27:20 )


Yesus

1. Ketaatan Yesus

Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." (Mat 4:4 )

Yesus menekankan hal yang sama yang dilakukan oleh Yoshua diatas : taat mendengarkan Firman Tuhan

Yesus tidak menyalahgunakan otoritasnya ketika iblis mencobai Dia.

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. (Php 2:8 )


2. Pengikut Yesus juga melakukan sunat hati

Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah. (Rom 2:29 )


3. Yesus membawa umatnya 'Israel' rohani memasuki Tanah Perjanjian (deliver out of , deliver into - God Saved, Tuhan yang menyelamatkan)

"Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. (Heb 8:10 )

4. Ada sebagian pengikut Yesus yang tidak mau menyeberang 'sungai Yordan' dan memasuki Tanah Perjanjian

Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga." (Mat 10:33 )

5. Yesus adalah Roh Allah itu sendiri

Luk 4:17-21
(17) Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
(18) "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
(19) untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
(20) Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.
(21) Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."


Yesus dan Yoshua memiliki misi yang sama ...

Yoshua adalah gambaran fisik misi rohani Yesus ...

...all are ...YHWH Shua, YHWH Savior ...


with warm regards

No comments: